Lapor Diri Saat Pulang

Pemutakhiran Data di Lapor Diri Online Konsuler

Mutakhirkan data dengan melengkapi form kepulangan dan form lapor selesai studi yang tersedia di panel Lapor Diri Online Konsuler (https://consular.indonesianembassy.org.uk/laporonline/).  dapat dicetak setelah pemutakhiran Data Mahasiswa. Surat ‘Laporan telah Menyelesaikan Studi di Inggris/Republik Irlandia’ dapat dicetak setelah melengkapi form lapor selesai studi.

Pemutakhiran data ini merupakan persyaratan untuk pelayanan dokumentasi kepulangan mahasiswa lainnya dari KBRI/Atdikbud.

Surat Keterangan Lulus

Surat Keterangan Lulus dapat diperoleh dari sekolah/universitas sebagai bukti bahwa yang bersangkutan telah menyelesaikan belajar di Inggris, terutama bila ijazah belum diterima.

“Form Lapor Pulang Mahasiswa” yang telah dicetak beserta Surat Keterangan Lulus dari sekolah/universitas yang bersangkutan kemudian dapat diantar/dikirimkan ke Kantor Atdik di KBRI London. Surat akan ditanda-tangan, dicap dan dikembalikan kepada pengisi.

Ijazah dan Transkrip

Ijazah/transkrip selama bersekolah di Inggris dapat dicap oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan sebagai bukti telah melaporkan ke KBRI London. Bukti ini kemudian dapat digunakan untuk melakukan Penyetaraan Ijazah di Jakarta.

Fotocopy ijazah/transkrip tersebut sebanyak yang diperlukan (maksimum 10 lembar), plus satu berkas untuk disimpan di Kantor Atdikbud. Kemudian ijazah asli beserta fotocopynya dapat diberikan atau dikirimkan ke Kantor Atdikbud di KBRI London.

Ijazah asli beserta fotocopy yang sudah ditandatangan dan dicap kemudian dapat diambil atau dikirimkan kembali.

Bila pelajar/mahasiswa/karyasiswa sudah kembali ke Indonesia saat ijazah dikeluarkan (karena tidak mengikuti wisuda, misalnya), maka ijazah tersebut dapat dikirimkan langsung ke Kantor Atdikbud di KBRI London, atau dikirimkan ke rekan yang masih belajar di Inggris untuk kemudian mengantar ijazah asli dan fotocopynya ke Kantor Atdik di KBRI London. Ijazah kemudian dapat diambil kembali atau dikirimkan ke yang bersangkutan.

‘Surat Keterangan Pindah’ dan ‘Daftar Barang Pindahan’ dari Fungsi Konsuler

Bila membawa buku dan barang untuk pindahan, sebaiknya daftar buku dan barang ini disampaikan ke Fungsi Konsuler di KBRI London. Dengan surat ini, maka pengeluaran barang dari Kantor Bea Cukai nanti di Indonesia akan lebih mudah. KBRI tidak akan melayani permintaan Daftar Barang Pindahan bila pemohon sudah pindah ke Indonesia dan barang sudah dikirimkan.

‘Surat Keterangan Pindah’ dan ‘Daftar Barang Pindahan’ dapat dilakukan secara online dengan mengakses panel Lapor Diri Online Konsuler (https://consular.indonesianembassy.org.uk/laporonline/).

Peraturan Menteri Keuangan Tentang Pembebasan Bea Masuk Atas Impor Barang Pindahan dapat dilihat disini: https://atdikbudlondon.files.wordpress.com/2012/08/28pmk-04-2008.pdf.

Dokumen SOP Kepulangan Karyasiswa DIKTI

Khusus untuk Karyasiswa DIKTI, SOP Kepulangan Karyasiswa Luar Negeri DIKTI dapat dilihat disini: https://atdikbudlondon.files.wordpress.com/2012/08/sop-kepulangan-karyasiswa-a.pdf.

Penyetaraan Ijazah Luar Negeri Saat di Indonesia

Penyetaraan Ijazah Luar Negeri: 
Berdasarkan pengalaman penyetaraan sebelumnya, DIKTI telah menyatakan bahwa ijazah luar negeri dari beberapa Program Studi di dunia, khususnya di UK, dapat dinyatakan setara dengan pendidikan di Indonesia. Informasi mengenai hal ini dapat dilihat pada link sebagai berikut: http://ijazahln.dikti.go.id/.

Bila Program Studi anda tidak terdaftar pada daftar ini, maka kelak sekembalinya ke Indonesia, usahakan Program Studi anda dapat disetarakan sehingga diploma/sertifikat yang anda peroleh dapat disetarakan.
Tata Cara, Prosedur, Syarat dan Panduan Penyetaraan Ijazah dari Luar Negeri, baik bagi universitas yang sudah disetarakan maupun yang belum, dapat dilihat pada website di atas. Bawalah satu copy catalog Universitas anda yang berisikan kurikulum program studi anda untuk disertakan ke DIKTI saat penyetaraan.

Sumber: http://indonesianembassy.org.uk/consular/pelayanan-kekonsuleran-bagi-wni/lapor-diri

Iklan

Komentar ditutup.

Buku (Gratis)

“Indonesia Goes to School”