Bagaimana Mendapatkan Full UK Licence Selama Studi di UK?

Atas permintaan teman-teman dan Pak Atdik, saya akan berbagi sedikit tips untuk dapat mengendarai mobil dengan tenang di UK, tentu dengan Full UK Licence. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis sewaktu menjalani proses ini pada tahun 2009. Sangat disadari bahwa peraturan dapat saja berubah dari tahun ke tahun. Oleh karena itu sangat disarankan untuk terus membuka link website yang diberikan di bawah ini untuk melengkapi informasi yang diberikan.

Sebelum memutuskan untuk mengendarai mobil selama studi di UK perlu dipertimbangkan hal sebagai berikut:

Apakah Anda benar-benar memerlukan mobil selama studi di UK?

Untuk dapat menjawab pertanyaan di atas perlu diketahui terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan mengendarai mobil di UK.

Kelebihan:

  1. Anda dapat lebih cepat mencapai tempat tujuan dan menghemat waktu, baik waktu tunggu maupun waktu perjalanan dengan public transportation.
  2. Lebih ekonomis bila memiliki mobil bagi yang membawa keluarga. Di beberapa kota di UK (Durham contohnya) biaya public transportation sangat mahal dan itu juga berlaku bagi anak-anak. Apabila rumah Anda berada cukup jauh dari kampus, maka biaya public transportation ini akan membengkak seiring dengan frekuensi perjalanan. Nilainya, dapat mencapai £100-£200/keluarga/bulan (keluarga dengan 2 anak).

Kekurangan:

  1. Repot mencari tempat parkir di kampus atau di kota. Kalau dapat tempat parkir, biayanya lumayan mahal (£0,5-1,2 per 30 menit). Sebagai informasi, hampir setiap website universitas mendorong mahasiswanya untuk tidak menggunakan mobil dan mendorong mereka untuk menggunakan public transportion yang ada. Rata-rata tempat parkir sangat terbatas di kota. Terkadang kita dapat menghabiskan waktu 15-30 menit hanya untuk mencari tempat parkir. Kalau parkir sembarangan akan dikenakan denda yang sangat mahal (£60), atau roda mobil akan diborgol dan untuk melepaskan borgol itu harus keluar biaya pelepasan yang bervariasi antara £25-100.
  2. Biaya asuransi yang sangat mahal (sering lebih mahal dari harga mobil), keharusan mempunyai UK Licence di tahun ke-2, biaya tes MOT (Ministry of Transport) mobil tiap tahun, pajak jalan (road tax) tiap tahun dan biaya perawatan mobil yang cukup mahal (terkadang tidak masuk akal sehingga akan lebih baik kalau mobil rusak, lalu dibuang atau discrap saja).

Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan di atas, diharapkan Anda dapat menjawab pertanyaan di atas: Ya atau Tidak.

Kalau jawabannya Ya. Silakan untuk melanjutkan membaca informasi di bawah ini. Kalau jawabannya Tidak, maka informasi di bawah ini mungkin tidak relevan bagi Anda.

Tahun 1 di UK:

Bagi orang Indonesia, mengendarai mobil di UK relatif mudah karena setir mobil di UK sama-sama di sebelah kanan mobil dan mobil berjalan di lajur kiri. Hanya saja, ada berbagai rambu-rambu yang harus benar-benar diperhatikan dan dipelajari sebelum mengendarai mobil di UK. Semua informasi tentang rambu-rambu dapat diperoleh di website http://www.direct.gov.uk/en/Motoring/index.htm tentang Highway Code.

Di tahun pertama, Anda dapat menggunakan SIM Indonesia untuk mengendarai mobil di UK. Jadi kita tidak perlu memiliki atau membuat SIM international, yang biasanya diperoleh di Senayan, Jakarta. Cukup kita bawa SIM nasional kita ke UK dan kita gunakan untuk selama 1 tahun.

Kalau Anda sebelumnya telah memiliki driving licence dari negara-negara tertentu seperti Australia, Hongkong, Singapura, dan lain-lain (silakan liat website ini: ), Anda dapat menkonversikannya ke UK Licence tanpa harus mengikuti tes dengan ada sedikit biaya konversi.

Setelah Anda memutuskan untuk membeli mobil, Anda harus segera membeli asuransi mobil sebelum anda mengendarainya di jalan. Mobil yang dibeli juga harus dipastikan memiliki sertifikat tes MOT dan road tax yang valid atau masih berlaku. Asuransi yang dibeli adalah asuransi pengemudi yang melekat dengan mobil itu sendiri. Jadi hanya orang yang terdaftar dalam asuransi yang dapat mengemudi mobil tersebut. Tidak ada orang lain yang boleh mengendarai mobil tersebut secara legal. Berbeda dengan di Indonesia dimana asuransi hanya melekat ke mobil, sehingga siapapun yang mengendarai mobil, selama punya SIM, akan legal di Indonesia. Sekali lagi, hal ini tidak berlaku di UK. Jadi tidak ada istilah pinjam mobil teman di UK.

Biasanya di tahun pertama ini biaya asuransi sangat mahal karena status kita sebagai pemegang “International Driving Licence” dengan 0/nol tahun No Claim Bonus (NCB). Sebelum membeli mobil, dapat simulasikan dulu berapa biaya asuransi kita di website-website asuransi mobil di UK seperti www.confuse.com, www.moneysupermarket.com atau masuk ke website masing-masing perusahaan asuransi. Jangan kaget kalau Anda mengisi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya asuransi mobil anda di tahun pertama dapat mencapai £1500-2000/tahun. Biaya tersebut di luar biaya harga pembelian mobil (bervariasi tergantung tahun dan kondisi), road tax (tergantung besarnya cc mobil) dan tes MOT (tergantung kondisi mobil). NCB merupakan komponen besar dalam biaya asuransi. NCB adalah sebuah dokumen dari sebuah perusahaan asuransi mobil kita sebelumnya yang menyatakan bahwa beberapa tahun kita tidak pernah menclaim suatu kejadian atau kecelakaan (tabrakan/hilang/terbakar, dll.). Semakin banyak NCB, biaya asuransi yang seharusnya dibayar dapat berkurang lebih dari 70%. Tapi sayangnya perusahaan asuransi di UK ini hanya mengenal NCB yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi di UK saja atau beberapa perusahaan tertentu di Eropa. Yang pasti, mereka tidak mengakui NCB dari Indonesia.

Di tahun ke -2

Sebelum satu tahun berlalu Anda harus segera mendaftar dan mengikuti tes untuk mendapat UK Licence. Ini keharusan karena secara legal asuransi Anda tidak akan dikenali (legally) apabila masih mencantumkan international driving licence di tahun ke-2. Oleh karena itu, untuk lebih aman mengemudi sebelum tahun 1 berlalu, sebaiknya kita sudah mengantongi Full UK Licence.

Bagaimana mendapatkan  Full UK Licence?

1. Daftar dulu Provisional Licence dengan membayar £50 ke DVLA secara online, ref: website 1 & website 2

Setelah mendapatkan Provisional Licence barulah dapat mengikuti Tes Teori dan Praktek. Biasanya Provisional Licence berlaku sampai 2 tahun. Jadi selama 2 tahun tersebut kita dapat ikut test teori dan praktek. Lewat dari 2 tahun, Provisional Licence itu tidak berlaku lagi. Provisional Licence ini adalah licence untuk Learner (L). Kita dapat mengendarai mobil dengan mencantumkan lambang/stiker L di mobil kita dengan syarat ada selalu pendamping di sebelah kita yang telah memiliki Full UK Licence minimal 3 tahun. Ada kejadian dimana seorang mahasiswa menempelkan stiker L di mobilnya karena sudah mendapatkan Provisional Licence. Tanda L ini malah menarik perhatian polisi untuk mendatangi mobil tersebut karena polisi bingung melihat dia berkendara sendirian di mobil tersebut. Alih-alih dia kena denda dan berurusan dengan polisi setelah itu. Mungkin kalau tidak ada stiker L, malah dia tidak akan menarik perhatian polisi.

2. Ikut Tes Teori dengan mendaftar secara online untuk mendapatkan waktu dan tempat tes [referensi].

Nomor yang tertera di Provisional Licence dapat digunakan untuk mendaftar test teori dan praktek. Biaya tes teori adalah £31 dan biaya tes praktek adalah £62 (weekdays) atau £75 (weekends) [referensi].

Tes teori mempunyai 2 komponen: Multiple Choice dan Hazard Perception. Anda akan dinyatakan lulus bila kedua komponen ini lulus. Kalau salah satu saja tidak lulus, maka anda  harus mengulang kembali kedua tes ini. Tes teori berlangsung 57 menit dengan batas kelulusan benar 43 dari 50 pertanyaan multiple choice. Setelah istirahat 3 menit, tes dilanjutkan dengan Test Hazard. Pada Test Hazard ini ada 14 video clips yang harus kita click bila ada “developing hazards”. Batas kelulusan Test Hazards ini adalah 44 dari 75 poin. Hasil tes teori ini biasanya dapat diperoleh dalam 3 menit setelah tes diadakan.

Semua materi tes teori ada dalam buku latihan tes teori yang dijual di toko-toko atau dapat didownload di internet. Materi tes secara random diambil 50 dari 1000 soal yang ada di buku tersebut. Untuk lulus Hazard Perception kita dapat melakukan latihan melalui DVD yang banyak dijual di toko-toko dengan harga yang lumayan murah, yaitu sekitar £5-10 (komplit buku teori, hazards dan driving).

3. Setelah dinyatakan lulus tes teori, Anda dapat segera mendaftar tes praktek (driving test) secara online untuk mendapatkan waktu dan tempat tes yang tertentu [referensi].

Test praktek ini kurang lebih 1 jam dengan penguji duduk di sebelah kiri dengan sebuah formulir penilaian. Tapi sebelum menjalani tes praktek, penguji terlebih dahulu melakukan tes mata atau penglihatan. Dalam jarak 20 meter kita harus dapat menyebutkan nomor plat mobil yang ditunjuk oleh penguji. Kalau nomor plat dijawab benar, baru dapat dilanjutkan dengan test driving. Sebaliknya kalau tes mata atau penglihatan gagal (nomor plat yang dijawab salah) maka kita langsung dinyatakan gagal [referensi].

Kalau tidak salah ada 15 kesalahan-kesalahan minor yang masih diperbolehkan yang dapat membuat kita lulus tes driving, tapi jangan sampai ada satu saja kesalahan major. Untuk mengetahui mana saja kesalahan minor dan major dapat dipelajari dari buku-buku test teori dan praktek yang dapat dibeli di toko-toko buku atau didownload dari website.

Mobil yang digunakan untuk tes juga ada syarat-syaratnya. Silakan lihat di website di bawah untuk info yang lebih lengkap [referensi].

Hasil dari ujian tes praktek dapat langsung diperoleh setelah ujian berlangsung. Kalau lulus, Anda langsung mendapatkan izin mengemudi (Full UK Licence). Dokumen/kartu Full UK Licence akan dikirim ke rumah dalam 2-4 minggu. Tapi secara legal pada saat lulus test driving, Anda telah dapat langsung mengemudi dengan dibekali surat izin sementara.

Tips:  Alangkah lebih baik kalau sebelum test driving, Anda mendaftarkan diri untuk mengikuti beberapa jam kursus driving dengan certified instructor terlebih dahulu. Style driving di UK jauh berbeda dengan di Indonesia. Mulai dari gerakan badan dalam memeriksa kondisi hazard yang ada di sekitar mobil sebelum jalan, style memegang setir, rumus praktis untuk parkir paralel, mengemudi di jalan-jalan sempit di country side tapi harus tetap memenuhi national limit, dan trik-trik lainnya, perlu kita pelajari terlebih dahulu dengan cermat.

Semoga artikel singkat ini mampu untuk menggambarkan proses mendapatkan Full UK Licence.

Kelebihan bila mendapatkan Full UK Licence:

  1. Full UK Licence akan diberikan sekali dan dapat digunakan sampai Anda berumur 70 tahun. (di UK nenek/kakek berumur 70 tahun masih menyetir sendiri).
  2. Dapat secara legal mengendarai mobil di tahun ke-2 di UK.
  3. Mengurangi secara signifikan biaya asuransi mobil di tahun ke-2.
  4. Dapat mengendarai mobil di negara-negara tertentu yang mengakui Full UK Licence sampai Anda berumur 70 tahun.

Selamat mencoba!
Durham, penghujung 2011

Dian MasyitaDian Masyita adalah PhD Candidate di bidang Islamic Finance, Durham University. Dia adalah Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Bandung yang memulai tugas belajar di UK Oktober 2008 dan berharap dapat menyelesaikan program PhD ini dan kembali ke Indonesia pada pertengahan tahun 2012.

Discussion

3 thoughts on “Bagaimana Mendapatkan Full UK Licence Selama Studi di UK?

  1. assalamu’alaykum
    mbak Dian, bisakah mendapatkan info untuk bisa mengambil jurusan islamic finance at durham university melalui program beasiswa? apakah harus mendapatkan LoA terlebih dahulu diUniversitas yang dituju? terimakasih

    Posted by ratna | July 1, 2015, 4:43 pm
  2. assalamu’alaikum,
    saya Rabita mahasiswi S1, saya tertarik ingin melanjutkan study ke Durham University in Islamic Finance, jika tak keberatan saya ingin mengetahui lebih lanjut. Saya menunggu kabar selanjutnya, terima kasih.

    Posted by Rabita | July 31, 2016, 12:46 am
  3. wah, nice info.. kebetulan bakalan kesana nanti.. thankss yaa

    Posted by anak bahasa inggris | November 18, 2016, 3:36 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: