Program Beasiswa Erasmus – Lifelong Learning Programme

Program Erasmus (EuRopean Community Action Scheme for the Mobility of University Students) atau Erasmus Project adalah programpertukaran pelajar di Uni Eropa. Program ini telah berjalan semenjak tahun 1987. Ini merupakan program utama dari Uni Eropa Lifelong Learning Programme 2007-2013, dan merupakan kerangka kerja operasional inisiatif Komisi Eropa dalam pendidikan tinggi. Program Erasmus, bersama dengan sejumlah program independen lainnya telah dimasukkan ke dalam program Socrates yang dibentuk oleh Komisi Eropa pada tahun 1994. Program Socrates telah berakhir pada 31 Desember 1999 dan digantikan dengan program Socrates II semenjak 24 Januari 2000 yang akhirnya pada tanggal 1 Januari 2007 diganti dengan nama Lifelong Learning Programme (LLP)2007-2013, atau Erasmus LLP. Meskipun demikian, masih banyak institusi yang menyebut LLP ini dengan program Erasmus. Austria, Belgia, Britania Raya, Bulgaria, Siprus, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Irlandia, Italia, Kroasia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugis, Romania, Republik Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss dan Turki merupakan daftar negara yang termasuk dalam Erasmus LLP.

Bila Anda tertarik untuk menuntut ilmu dan memperoleh pengalaman secara gratis di lebih dari satu negara di Eropa, maka cobalah mendaftar beasiswa Erasmus. Bila Anda masih bermukim di Indonesia atau di luar negara Uni Eropa, maka Anda dapat mencoba program Erasmus Mundus. Erasmus Mundus adalah program serupa dengan Erasmus LLP yang ditujukan untuk pelajar-pelajar yang berdomisili di luar Uni Eropa (negara-negara ketiga). Namun apabila Anda sudah berdomisili di Britania Raya atau negara lainnya di Eropa, maka mencoba Erasmus LLP adalah pilihan yang tepat. Baru beberapa tahun belakangan ini Erasmus LLP terbuka bagi mahasiswa yang berasal dari negara non-Uni Eropa. Erasmus LLP ini dapat Anda ikuti meskipun studi Anda telah dimulai tanpa jalur beasiswa. Bila studi Anda telah dimulai melalui jalur beasiswa, maka sebelum melamar beasiswa Erasmus LLP Anda perlu mengecek apakah sponsor Anda dapat menerima jika Anda memperoleh beasiswa lainnya. Beasiswa Erasmus LLP bukan hanya dapat diikuti oleh para pelajar, tetapi juga oleh staf pengajar dan staf non-pengajar. Perlu diingat, Anda hanya memiliki satu kesempatan dalam mendapatkan beasiswa Erasmus LLP untuk mengambil mata kuliah dan/atau penelitian disertasi, dan bekerja praktik. Total durasi dari seluruh jenis beasiswa Erasmus LLP tidak boleh melebihi 24 bulan.
 

Erasmus LLP untuk pelajar

Beasiswa Erasmus LLP untuk pelajar secara garis besar terdiri dari dua jenis.


(1) Untuk belajar (untuk mengambil mata kuliah dan/atau untuk penelitian disertasi)

Program studi yang ditawarkan di Erasmus LLP memiliki scope yang lebih luas daripada program Erasmus Mundus yang program studinya lebih terbatas. Erasmus LLP ini dapat diikuti oleh mahasiswa S1, S2, maupun S3 setelah melewati tahun pertama di bangku kuliah. Catatan tambahan, pada umumnya durasi program S2 di Eropa (selain di Britania Raya) adalah 2 tahun.

(1a) Tahap pengecekan

Anda dapat memperoleh informasi mengenai Erasmus LLP dari website universitas Anda di bagian program internasional. Biasanya yang tercantum bukanlah Erasmus LLP, melainkan Student Exchange Programme: Erasmus. Pendaftaran program ini umumnya dibuka di semester genap (spring semester), sekitar bulan Maret. Kemudian cek mengenai universitas dan negara mana saja yang telah terjalin kerja sama dengan program studi yang Anda ambil, serta jumlah kuota dan durasi yang ditawarkan. Erasmus LLP ini melibatkan universitas-universitas di 33 negara di Eropa. Mayoritas universitas yang masuk ke dalam Erasmus LLP menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, namun tidak ada salahnya bila Anda mencari tahu mengenai bahasa yang digunakan di universitas yang Anda pilih. Kalaupun memang ada beberapa mata kuliah yang menggunakan bahasa lokal di universitas tersebut, Erasmus LLP juga memberikan beasiswa kursus singkat bahasa tersebut.

(1b) Proses penyaringan

Ketika proses aplikasi, terdapat proses penyaringan. Penyaringan ini diperlukan karena keterbatasan kuota yang ditawarkan oleh Erasmus LLP. Anda harus siap bersaing dengan rekan-rekan mahasiswa di program Anda di universitas-universitas yang masuk dalam Erasmus LLP. Proses penyaringan ini tergantung kebijakan universitas Anda. Selain melalui formulir aplikasi (motivation letter, dll.), proses penyaringan dapat melalui transcript Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebagai catatanprestasi akademik, hasil ujian kemampuan bahasa Inggris, Curriculum Vitae (CV), surat rekomendasi dan persetujuan akademisi dari universitas asal Anda, hingga wawancara dengan perwakilan dari Erasmus LLP. Bila Anda ingin memilih program penelitian, maka Anda perlu melampirkan dan mempresentasikan proposal penelitian di saat wawancara. Setelah Anda terpilih sebagai kandidat Erasmus LLP dari universitas Anda, maka Anda akan mengajukan aplikasi ke universitas yang Anda tuju. Semakin tinggi kualitas universitas tersebut, maka akan semakin tinggi persyaratan yang diminta. Persyaratan yang diminta tidaklah jauh dari penyaringan di universitas asal Anda. Untuk universitas di Britania Raya biasanya diminta hasil IELTS minimal 6,5 atau 7, tergantung pada bidang studi yang dituju. Untuk universitas di negara lainnya, ada kalanya universitas tersebut juga meminta hasil ujian kemampuan bahasa lokal mereka dengan standard nilai tertentu. Bila Anda memilih untuk melakukan penelitian dalam Erasmus LLP, maka Anda juga perlu mencari supervisor dari universitas yang Anda tuju dengan mengirimkan proposal penelitian Anda. Setelah itu, Anda perlu melampirkan persetujuan dari supervisor tersebut di kala Anda melamar ke universitas yang Anda tuju.

 (1c) Lain-lain

Untuk Anda yang berminat mengambil program mata kuliah, maka Anda perlu mendiskusikan mata kuliah yang layak Anda ambil di universitas yang Anda tuju dengan penasehat akademik di universitas asal Anda. Anda juga perlu mengecek sistem kredit yang diterapkan di universitas yang Anda tuju. Setelah itu Anda perlu mendapat persetujuan dari pihak fakultas atau institusi universitas asal Anda.

(2) Untuk kerja praktik/magang

Erasmus LLP tidak menawarkan posisi pekerjaan apapun. Yang ditawarkan adalah beasiswa untuk biaya hidup Anda selama Anda melakukan kerja praktik di luar negara universitas asal Anda. Sedemikian rupa sehingga Anda perlu mencari pekerjaan untuk tempat anda magang secara independen. Kuota untuk program ini tergantung dari kebijakan universitas asal. Proses penyaringan dimulai dari isi formulir aplikasi Anda (motivation letter, dll.) hingga ke hasil IPK, CV, surat rekomendasi dan persetujuan akademisi dari universitas asal, dan kemampuan bahasa Inggris Anda. Komponen ini tergantung pada kebijakan universitas asal. Anda tentunya diwajibkan untuk melampirkan surat dari pihak tempat Anda akan melakukan kerja praktik.

Erasmus LLP untuk staf pengajar

Program ini dapat dilakukan oleh staf universitas yang termasuk dalam Erasmus University Charter (EUC) untuk mengajar di universitas yang juga memiliki EUC dan perjanjian antar institusi dengan universitas asal. Durasi minimum yang disarankan untuk mengajar adalah lima hari, sedangkan durasi maksimumnya adalah enam minggu. Bila Anda mengajar kurang dari durasi minimum yang disarankan, maka setidaknya Anda mengajar selama lima jam pelajaran. Beasiswa Erasmus LLP tersedia untuk berbagai subjek pengajaran.

Erasmus LLP untuk staf non-pengajar

Pelatihan atau staff training merupakan pilihan untuk staf non-pengajar yang ingin mengambil bagian dalam Erasmus LLP. Pelatihan tersebut harus diselenggarakan oleh universitas yang termasuk dalam EUC atau suatu perusahaan yang berupa kegiatan seperti kerja praktik dan kunjungan studi.

Keuntungan yang diperoleh

Erasmus LLP memberikan beasiswa yang besarnya berbeda-beda bergantung pada negara yang Anda tuju dan durasi Erasmus LLP Anda. Erasmus memiliki standarisasi tersendiri yang mengacu pada biaya hidup di negara tersebut. Untuk informasi selanjutnya silahkan hubungi koordinator Erasmus LLP di universitas asal Anda.

Selain memperoleh beasiswa, ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh bila Anda mengikuti Erasmus LLP, diantaranya: (1) Anda dapat memperoleh pengalaman dalam hal metode belajar-mengajar yang baru, karena setiap universitas di negara yang berbeda biasanya memiliki metode belajar-mengajar yang berbeda pula; (2) Anda dapat mengasah kemampuan bahasa Inggris dan bahasa lokal di negara universitas yang Anda tuju atau tempat Anda melakukan kerja praktik; (3) Anda dapat mengambil mata kuliah yang Anda minati namun tidak terdapat di universitas asal Anda. Anda pun dapat berdiskusi dengan para pengajar di universitas yang Anda tuju, bahkan meminta referensi mereka ketika Anda nantinya melamar pekerjaan atau beasiswa lainnya di masa yang akan datang; (4) Anda akan memperoleh fasilitas yang sama dengan pelajar non-Erasmus LLP yang juga memperoleh akses perpustakaan. Universitas yang Anda tuju tentunya memiliki koleksi buku-buku yang berbeda dengan universitas asal Anda; (5) Erasmus LLP akan memperluas koneksi dan jaringan pergaulan Anda; (6) Anda akan lebih mandiri karena harus tinggal di lebih dari satu negara selama masa studi Anda; (7) Anda akan dapat mempelajari kebudayaan baru di negara tempat universitas yang Anda tuju; (8) Erasmus LLP sering kali mengorganisir seminar ataupun presentasi guna menggembangkan soft skills Anda, tentunya tanpa dipungut biaya; (9) Erasmus LLP akan meningkatkan rasa percaya diri Anda. Ketika Anda berhasil melakukan studi di lebih dari satu negara atau melakukan kerja praktik di Eropa, maka selanjutnya Anda akan merasa tertantang untuk melakukan hal yang lebih besar; (10) pernah mengikuti Erasmus LLP merupakan nilai tambah tersendiri ketika Anda melamar pekerjaan ataupun mencari beasiswa di masa depan; dan (11) Erasmus LLP tentu saja merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan dan pas bagi Anda yang memiliki hobi travelling.

Manfaatkan Erasmus LLP sebagai salah satu bekal Anda dalam membangun Indonesia di masa depan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Daftar Pustaka:

[1]. About Erasmus. Who Can Go? Where Can You Go? [online] Available at: <http://www.britishcouncil.org/erasmus-about-erasmus.htm> [Accessed 5 October 2011].

[2]. Erasmus Programme. History. [online] Available at: <http://en.wikipedia.org/wiki/Erasmus_Programme> [Accessed 5 October 2011].

[3]. The Erasmus Programme – Studying in Europe and More. Erasmus in the Words of Students. [online] Available at: <http://ec.europa.eu/education/lifelong-learning-programme/doc80_en.htm> [Accessed 5 October 2011].

[4]. Erasmus Mundus Scholarship Programme. What is the Erasmus Mundus Scholarship? [online] Available at: <http://eeas.europa.eu/delegations/indonesia/more_info/erasmus_mundus/index_en.htm> [Accessed 5 October 2011].

Citra Chergia, 6 Oktober 2011

Citra Chergia adalah lulusan S1 Teknik Sipil Universitas Indonesia dan mahasiswi S2 Teknik Sipil dengan spesifikasi di bidang Manajemen Konstruksi. Citra menerima beasiswa pemerintah Turki di Istanbul Technical University dan Erasmus Lifelong Learning Programme untuk penelitian disertasi di Newcastle University sejak 21 Sep 2011 hingga 21 Feb 2012.

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters