Panduan Praktis untuk Mahasiswa yang Membawa Keluarga ke Inggris

Penulis : Ersa Tri Wahyuni (Manchester)
Editor    : Prof. Dr. T.A. Fauzi Soelaiman (Atdik London)

17 Agustus 2012

Para mahasiswa yang membawa serta keluarganya ke Inggris tentunya membutuhkan lebih banyak persiapan dan informasi. Informasi dibawah ini semoga bermanfaat untuk mahasiswa yang akan membawa keluarganya ke Inggris.

1. Pengurusan Visa untuk keluarga

Peraturan mengenai visa untuk anggota keluarga dapat saja berubah sewaktu-waktu oleh sebab itu, ada baiknya anda mempelajari dengan seksama peraturan keimigrasian Inggris dari website http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/.

Pemerintah Inggris membutuhkan jaminan bahwa anda memiliki keuangan yang cukup untuk membawa keluarga tinggal di Inggris selama waktu belajar anda. Ini lazim disebut “Maintenance Fund”. Di dalam aplikasi visa disebutkan berapa biaya hidup per bulan untuk setiap anggota keluarga yang akan ikut. Misalnya £800 per bulan. Maka bila anda membawa 3 tambahan keluarga (pasangan dan 2 anak) maka secara konservatif anda perlu memiliki dana maintenance 800 x 3 x 12 bulan = £28,800. Dana ini sudah harus mengendap di rekening anda sedikitnya 28 hari. Semakin banyak dana maintenance semakin bagus. Bila anda memiliki financial guarantee dari pihak sponsor beasiswa tentunya ini juga akan semakin menguatkan.

Bila dana maintenance ini sudah ada, maka tidak ada salahnya anda mendaftarkan visa keluarga bersama sama dengan visa anda sebagai pelajar. Ada kalanya dana maintenance ini belum cukup hari (biasanya belum mengendap selama 28 hari) sementara anda harus segera berangkat ke Inggris, maka visa anda sebaiknya diurus duluan dan visa keluarga menyusul.

Pastikan semua persyaratan visa terpenuhi karena bila sampai visa anda ditolak maka anda harus mengajukan aplikasi visa baru dan membayar lagi. Jangan memasukkan dokumen-dokumen yang tidak diminta oleh formulir visa (misalnya kartu keluarga). Semakin banyak dokumen yang disetorkan dapat berarti juga peningkatan risiko.

Ketika mengurus visa biasanya ditanyakan alamat sementara di Inggris. Anda bisa memasukkan alamat kawan anda di Inggris yang mengijinkan anda menggunakan alamatnya sebagai alamat sementara. Beberapa mahasiswa yang memilih untuk berangkat duluan, biasanya kemudian sudah mendapatkan permanent accommodation untuk keluarganya.

2. Dokumen keluarga yang perlu dibawa ke Inggris

Riwayat kesehatan anak-anak sebaiknya dibawa ke Inggris. Terutama bila memiliki anak kecil di bawah dua tahun, daftar imunisasi yang telah dilakukan sebaiknya dibawa ke Inggris. Ada beberapa jenis imunisasi yang wajib di Inggris namun tidak wajib di Indonesia. Ketika nanti mendaftarkan ke dokter keluarga, riwayat kesehatan keluarga ada baiknya dibawa.

Surat nikah dan akte kelahiran anak-anak sebaiknya semua diterjemahkan dengan peneerjemah tersumpah dan juga perlu dibawa ke Inggris untuk keperluan lapor diri ke KBRI.

3. Asuransi kesehatan

Tidak perlu asuransi kesehatan di Inggris. Dokter dan rumah sakit gratis. Obat rawat jalan bayar (flat rate untuk setiap macam obat) untuk England dan gratis untuk Scotland. Ketika sampai Inggris langsung cari praktek GP (dokter umum) di dekat rumah dan mendaftarkan diri. Kalau sakit, kontak pertama adalah GP kita ini. Untuk ketemu GP biasanya telepon dulu dengan perjanjian. Kalau sakitnya hanya flu biasanya hanya disuruh istirahat saja tidak diberi obat.

4. Child Care

Setahu saya child care tidak ada yang gratis untuk international student. Satu jam-nya sekitar 7 pound. Jadi yang bawa anak dan belum waktunya sekolah mohon dipikirkan siapa yang akan mengurusi. Kalau anaknya sudah sekolah, dari jam 10.00-14.30 anda bebas bisa ke kampus. Pagi anda antar sekolah (jam 9) lalu ke kampus. Jemput lagi jam 3 sore. Kalau anda ada kuliah sebelum jam 10 pagi, nah anda harus pikirkan siapa yang akan antar anak sekolah.

5. Mendaftar sekolah anak

Untuk yang membawa keluarga, mencari sekolah untuk anak bisa menjadi pengalaman tersendiri. Sistem di Inggris adalah anak harus bersekolah yang terdekat dari rumah. Jadi bila anda menyewa rumah yang dekat sekolah hal itu meningkatkan peluang anda diterima di sekolah tersebut. Anda perlu menelpon city council dan mengatakan bahwa anak anak, usia sekian akan bersekolah di Inggris. Untuk Manchester misalnya, alamat website city council adalah: http://www.manchester.gov.uk/admissions.

Nanti city council akan mengirimkan formulir yang perlu anda isi. Di dalam formulir tersebut anda diminta menuliskan alamat sekolah yang akan dituju. Masukkan beberapa nama sekolah yang dekat dengan rumah. Setelah ini seharusnya anda akan dihubungi dalam dua-empat minggu mengenai sekolah anak anda.

Masalahnya ada kemungkinan sekolahan dekat rumah anda penuh semua sehingga anak anda masuk dalam daftar tunggu. Maka yang bisa anda lakukan adalah menunggu, meminta council untuk mendaftarkan ke sekolah lain yang sedikit lebih jauh dari rumah, atau melakukan appeal ke council. Bila anda dapat sekolah yang sangat jauh dari rumah, anda bisa appeal ke council menolak penempatan itu. Anak saya kelas 3 SD akhirnya bersekolah setelah 4 bulan menunggu dan dapat sekolah yang sedikit jauh (10 menit naik bus).

6. Biaya sekolah anak

Anak sampai SMA sekolah gratis. Hanya keluar biaya kalau makan dari sekolah (sekitar 10-11 pound seminggu). Juga ada biaya seragam sekolah dan biaya kalau anak-anak ada field trip. Bisa juga anak-anak bawa lunch box sendiri dari rumah.

7. Transportasi

Untuk pasangan (suami atau istri), tidak bisa membeli tiket bus harga pelajar. Untuk anak sampai umur 5 tahun gratis. Setelah 5 tahun beli tiket harga anak, biasanya 50% dari harga orang dewasa. Tiket bus mingguan biasa dibeli langsung ke supir busnya.

8. Mencari rumah permanen, apa saja yg perlu diketahui?

Yang jadi bahan pertimbangan biasanya jarak ke kampus, apakah dekat dengan bus stop, kaca rumahnya double glazed (kalau tidak double glazed saat  winter bisa dingin sekali dan biaya gas meningkat), perabotan di dalam rumah seperti apa, dan lain-lain. Biasanya dibutuhkan deposit 1 bulan di muka dan nanti dikembalikan di akhir masa sewa kalau rumah dan perabotannya tidak rusak. Bila menyewa rumah kosong tanpa perabot biasanya tidak diminta uang deposit.

Sesampai anda di Inggris, kunjungi beberapa kantor agen rumah dan minta daftar rumah yang ada dan buat janji untuk lihat rumahnya. Lihat 4 atau 5 rumah, kalau ada yang suka langsung dibayar uang muka hari  itu juga, jangan ditunda. Karena banyak kejadian, besoknya datang lagi mau bayar tapi sudah keburu dibayar orang. Biasanya uang muka 1 minggu sewa. Nanti menjelang mau masuk rumah baru bayar deposit dan satu bulan sewa di muka.

Kalau sharing rumah (misalnya satu rumah diisi 3 orang dewasa single), lebih baik semua nama orang yang sharing ada di dalam kontrak.

Kalau yang bawa anak bersekolah, juga dipertimbangkan rumah yang dekat dengan sekolah.

9. Bekerja untuk mahasiswa dan pasangan

Untuk visa pelajar, diijinkan bekerja 20 jam seminggu di Inggris. Pasangan (suami atau istri) yang memiliki ‘dependent visa’ diijinkan untuk bekerja di Inggris. Upah minimum berbeda di setiap kota namun umumnya sekitar 6-7 pound per jam untuk kerja harian  seperti membersihkan restaurant. Bila anda ingin bekerja di rumah sakit, sekolah dasar, atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan anak-anak biasanya mereka akan meminta semacam surat kelakuan baik. Bila anda sudah tinggal 5 tahun di Inggris, anda bisa mengurus surat ini dari kepolisian Inggris. Tapi kalau tidak maka ada baiknya anda membuat di Indonesia kemudian diterjemahkan ke Bahasa Inggris dan nanti dilegalisir di kedutaan Indonesia di London.

10. Mengurus NI Number sebagai syarat bekerja

Bila anda bekerja, pihak employer biasanya akan menanyakan NI Number (National Insurance). Ini semacam NPWP di Indonesia. Siapapun yang bekerja di Inggris harus memiliki NI Number. Untuk mengurus NI Number tidak sulit dan biasanya membutuhkan waktu 1-2 minggu untuk mendapatkannya. Informasi lebih lanjut dapat dipelajari di http://www.nationalinsurancenumber.org.uk. Tanpa NI Number maka pendapatan anda akan dikenai pajak yang paling tinggi.

11. Membeli mobil keluarga, apa saja yang perlu diperhatikan?

Beberapa keluarga mungkin tertarik untuk membeli mobil agar memudahkan transportasi. Harga mobil di Inggris jauh lebih murah daripada di Indonesia, namun asuransi kendaraan dan harga bahan bakar cukup mahal. Asuransi mobil melekat ke pengendara. Jadi mobil yang diasuransikan hanya bisa dikendarai oleh mereka yang terdaftar untuk mobil tersebut. Dua orang bisa didaftarkan untuk satu mobil (misalnya suami istri keduanya ingin dapat mengendarai mobil tersebut). Harga asuransi bergantung dengan jenis mobil, daerah rumah (apakah daerah rumahnya aman atau rawan kejahatan) dan juga track record sejarah yang menyupir. Semakin lama anda memiliki SIM di Inggris dan tidak pernah bermasalah, maka asuransi anda semakin tahun akan semakin rendah.

12. Membuka rekening bank untuk pasangan

Pasangan anda mungkin membutuhkan pembukaan rekening bank, terutama misalnya untuk memasukkan cek yang diterima dari tempat kerja. Alternatifnya pasangan anda bisa bergabung dengan rekening anda di joint account atau membuka rekening baru. Salah satu syarat membuka rekening adalah nama anda harus ada di tagihan utilities yang ada alamat rumahnya. Jadi kalau semua tagihan listrik, air dan gas atas nama anda seorang, anda perlu meminta perusahaan pemasok listrik/gas/air agar nama pasangan anda dimasukkan dalam tagihan tersebut. Ketika tagihan datang dan tertera nama pasangan anda beserta alamat rumah, maka tagihan tersebut menjadi syarat membuka rekening di bank.
 
Ersa Tri WahyuniErsa Tri Wahyuni adalah dosen akuntansi Universitas Padjadjaran, Bandung yang saat ini sedang menempuh S3 Akuntansi di Manchester Business School. Ibu dua anak ini aktif menulis artikel di beberapa majalah akuntansi baik nasional maupun internasional dan juga penasehat teknis (Technical Adviser) Ikatan Akuntan Indonesia. Penulis buku “Panduan Praktis Standar Akuntansi Keuangan” ini memiliki hobi memasak di waktu-waktu luangnya.  Tulisan-tulisan beliau tentang akuntansi internasional dapat dinikmati di ersatriwahyuni.blogspot.com. Ersa dapat dihubungi melalui email di ersatw@yahoo.com.

Discussion

2 thoughts on “Panduan Praktis untuk Mahasiswa yang Membawa Keluarga ke Inggris

  1. Ibu ersa,

    Terimakasih untuk infonya, cukup mencerahkan…

    Mau tanya, saya dan keluarga tahun depan (2014) akan direlokasi kerja ke london, ada beberapa pertanyaan (kalau boleh), kalau untuk akomodasi daerah mana yang kira2x baik untuk keluarga? Anak saya satu umur 9 tahun dan 1 tahun, apakah state funded school punya kualitas yang baik?

    Makasih ibu

    Posted by rez007 | December 2, 2013, 12:14 am
  2. wah terimakasih atas penjelasannya🙂 sangat membantu sekali🙂

    Posted by Lidya | April 4, 2016, 4:58 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters