Mengenal dan Memilih Berbagai Jenis Postgraduate Study di Inggris

Saat ini mungkin Anda sedang berpikir untuk melanjutkan studi di Inggris, setelah menyelesaikan S1 di Indonesia atau di tempat lain. Anda mungkin ingin menjajaki prospek karir yang lebih baik, atau memang masih ingin berada di lingkungan akademis. Artikel ini diharapkan akan memberikan pengenalan dasar mengenai berbagai jenis Postgraduate Study di Inggris.

Pada dasarnya, Postgraduate Study di Inggris adalah berbagai studi akademik tingkat lanjut yang dilakukan setelah menyelesaikan studi tingkat pertama [1], yang di Indonesia dikenal dengan Sarjana-1 (S1). Dilihat dari sistem pengajarannya, ada dua kategori besar postgraduate study yang disebut dengan taught courses atau research degrees. Dua cabang ini, masing-masing menawarkan beragam jenis gelar. Ringkasan singkat dari berbagai pilihan gelar tersebut, dapat Anda temukan di tabel berikut:

Postgraduate Study untuk Taught Courses

Nama & Kepanjangan

Jangka Waktu Studi

PGCert (Postgraduate Certificate) Kurang lebih 9 bulan (full-time) – 2 tahun (part-time)
PGDip (Postgraduate Diploma) Kurang lebih 9 bulan (full-time) – 2 tahun (part-time)
MA (Master of Arts) Kurang lebih 12 bulan (full-time) – 2 tahun (part-time)
MSc (Master of Science) Kurang lebih 12 bulan (full-time) – 2 tahun (part-time)
LLM (Master of Laws) Kurang lebih 12 bulan
MBA (Master of Business Administration) Bervariasi antara 1 – 8 tahun

Sumber: British Council [1] dan Wilkinson (2005) [2]

Postgraduate Study untuk Research Degrees

Nama & Kepanjangan

Jangka Waktu Studi

MPhil (Master of Philosophy) Dua tahun atau lebih
MRes (Master of Research) Kurang lebih 1 tahun
DPhil atau PhD (Doctorate of Philosophy) Tiga tahun atau lebih

Sumber: British Council [1] dan Wilkinson (2005) [2]

Perbedaan utama dari Research Degree dengan Taught Courses adalah dari cara pemberian materi. Tentunya beranjak ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, kedua kategori postgraduate study ini memberikan kesempatan kepada pelajar untuk melakukan lebih banyak independent learning. Oleh karena itu, walaupun taught courses memiliki sistem pengajaran yang lebih banyak kegiatan belajar-mengajar di kelas, jangan harap sistem pengajarannya sama seperti di S1. Semakin dewasa pendidikan seseorang, diharapkan pula kemampuan untuk dapat memprioritaskan pekerjaan meningkat. Setiap orang bertanggungjawab atas pekerjaannya masing-masing, dengan begitu ia pula bertanggungjawab akan kapan ia lulus. Boleh dikatakan bahwa masuk ke sebuah universitas untuk mengejar gelar Postgraduate di Inggris sudah cukup sulit, apalagi keluarnya!

Namun hal ini tidak perlu membuat kita takut, melainkan sebaiknya kita menjadi lebih awas dan penuh persiapan, terutama dalam memilih jenis gelar yang kita inginkan. Seperti yang dikatakan di dalam Hotcourses Postgraduate Guide 2007/08 [3], gelar Postgraduate adalah “Degrees of Love”, satu-satunya alasan utama untuk memilih suatu bidang studi dalam tingkat studi lanjut adalah karena kecintaan kita terhadap subyek tersebut. Jika hal itu tidak dilakukan, maka pada setiap hari dalam kehidupan akademis kita, bisa-bisa kita amat tersiksa.

Bagi Anda yang tertarik dengan sistem pengajaran taught courses, Anda bisa memilih PGCert, PGDip, MA, MSc, MBA, atau LLM. Program-program ini umumnya memiliki satu atau lebih komponen pengajaran sebagai berikut: kuliah, seminar, workshop, dan kerja praktek. Sedangkan untuk komponen penilaian atau assessment antara lain: tugas tertulis (essays/report/assignments) atau kerja proyek (project-based), atau ujian tertulis [4].

Untuk beberapa institusi, PGCert dan PGDip hanyalah sebuah program sertifikasi sebagai prasyarat memasuki jenis Master tertentu, karena beberapa jenis Master memerlukan konversi jika jurusan Sarjana-1 yang dimiliki oleh calon mahasiswa sangat bertolak belakang dengan jurusan yang dituju. Contoh jenis gelar seperti ini dapat ditemukan di University of Wolverhampton (Postgraduate Certificate in Human Resources), atau di Cardiff University (Postgraduate Diploma in Journalism Studies) [2].

Jenis Master yang yang lebih umum dikenal sebagai Sarjana-2 (S2) di Indonesia sebenarnya adalah MA, MSc, MBA, atau LLM bagi mereka yang menekuni bidang hukum. Pada gelar-gelar berikut, umum dikenal istilah full-time atau part-time. Pilih Full-Time jika Anda dapat mendedikasikan diri sepenuhnya untuk belajar selama 3-5 hari seminggu. Pilih Part-Time, jika Anda berencana untuk menyambi kegiatan belajar dengan bekerja. Kebanyakan kelas Part-Time pun diadakan pada sore hari, di atas pukul 17.00 setempat, ketika para pekerja sudah bisa meninggalkan kantor.

Gelar MA diberikan kepada mereka yang belajar di bidang kemanusiaan atau seni. Sedangkan gelar MSc biasanya diberikan kepada mereka di bidang teknologi dan sains (baik murni maupun terapan) [1]. Pada umumnya, sebagian besar pelajar postgraduate yang saya kenal saat ini di UK mengambil gelar MSc. Memang, subyek pengajaran yang ditawarkan luar biasa beragam dari Business with International Management sampai Analytical Chemistry maupun Nursing memberikan gelar MSc.

Gelar MBA dapat dikatakan gelar termahal, biaya tuition fee normal berkisar di 15,000 Poundsterling untuk full time [2]. Program ini umumnya diambil oleh para profesional di bidang manajemen dan kepemimpinan. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk memasuki program ini biasanya minimal 2 (dua) tahun kerja. Tidak jarang kasusnya adalah seorang kandidat MBA dibiayai oleh perusahaan, karena biaya yang timbul dianggap sebagai investasi terhadap karyawan.

Berbagai jenis research degree, seperti MRes, MPhil, DPhil/PhD adalah program studi yang mempersiapkan seseorang untuk melanjutkan karir sebagai periset atau akademia. Pada MRes, pelajar biasanya diberikan kuliah perkenalan mengenai dasar-dasar riset, kemudian dipersilahkan untuk melakukan riset independen. Sistem ini juga berlaku untuk MPhil. Perbedaannya adalah di bidang studi yang diajarkan; area MPhil adalah di bidang seni, sains, dan ilmu sosial. MPhil juga dapat berfungsi sebagai salah satu alat konversi bagi mereka yang ingin mendapatkan gelar PhD dengan beberapa tambahan studi lanjut [2].

PhD, tentunya adalah studi lanjut bagi mereka yang telah jatuh cinta dengan kehidupan kampus, karena gelar tersebut adalah kualifikasi tertinggi yang bisa didapatkan dalam dunia pendidikan [2]. Program PhD bervariasi dari tiga atau empat tahun full-time, hingga enam tahun part-time. Buat Anda yang tertarik dengan program ini, di Inggris tengah berkembang ‘PhD cabang baru’.

Sistem baru ini dikenal dengan New Route PhD Program/Integrated PhD [5].  Ia lahir dari hibridasi skema PhD tradisional ditambahkan dengan suplemen formal training. Selain itu, cara pengujian pada program ini tidak terpaku pada hasil riset dan ujian oral seperti pada gelar PhD tradisional tapi dengan  kombinasi cara pengujian antara lain; kerja praktek, ujian tertulis, dan tesis.

Program ini sudah diadaptasi oleh sebagian besar universitas ternama di Inggris, salah satunya University of Manchester [2]. Modul Integrated PhD yang diajarkan di universitas tersebut antara lain adalah research skills and methodology, academic writing skills, presentations, serta time and project management.  Kualifikasi yang diminta untuk dapat mengikuti program ini sama dengan PhD lama (yaitu S1 dengan nilai yang baik, atau terkadang diperlukan juga Masters degree). Waktu penyelesaian yang dibutuhkan kurang lebih selama empat tahun. Sejauh ini, Integrated PhD telah menarik pelajar dari seluruh dunia, antara lain dari ASEAN, Cina, India, Timur Tengah, Afrika Utara, dan tentunya dari Inggris sendiri.

Daftar Pustaka:

[1]. British Council. Postgraduate: Types and titles of higher degree. [online] Available at http://www.britishcouncil.org/portugal-educacao-pos-graduacoes-type-of-degree.htm [Accessed 20 Juli 2011].

[2]. Wilkinson, D. (2005). The Essential Guide to Postgraduate Study. London: Sage Publication, halaman 8 -21.

[3] Hotcourses postgraduate guide 2007/2008. London: Hotcourses, halaman 8-9.

[4]. Postgrad.com. Teaching and Study Method. [online] Available at: http://www.postgrad.com/editorial/uk_pg_teaching_study_methods/ [Accessed 20 Juli 2011].

[5].New Route PhD. New Route PhD Program Structure. [online]. Available at http://www.newroutephd.ac.uk/ [Accessed 21 Juli 2011].


Christa Sabathaly, 21 Juli 2011

Christa Sabathaly Christa adalah mahasiswa MA jurusan Media Culture di Northumbria University at Newcastle. Studinya dimulai dari bulan September 2010, dan diperkirakan akan lulus di bulan Desember 2011. Pendidikan S1nya ditempuh di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dan sebelum mengambil Master di Inggris ia memiliki pengalaman kerja 2 tahun. Saat ini ia juga berperan sebagai Sekretaris Jendral PPI UK 2011.

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters