Program Residensi Penulisan Publikasi Ilmiah

—Registrasi untuk RPPI 2019 telah Dibuka—
Klik di sini untuk mendaftar

Dalam rangka mendongkrak jumlah publikasi dosen-dosen Perguruan Tinggi di Indonesia di jurnal-jurnal terindeks dan berskala internasional, KBRI London melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan program Residensi Penulisan Publikasi Ilmiah (RPPI) yang akan berlangsung selama 2 minggu di London. Melalui program ini, diharapkan artikel-artikel ilmiah yang telah mendapatkan umpan balik dari pengelola jurnal tujuan dapat lebih cepat difinalisasi melalui diskusi yang dilakukan secara langsung (face-to-face) dengan mitra penulis/penelaah di UK. Adapun ketentuan, deskripsi dan seleksi dari RPPI adalah sebagaimana yang terlihat di bawah ini.

Ketentuan umum:

  1. Peserta adalah dosen tetap di Perguruan Tinggi (Negeri/Swasta) di Indonesia dengan kualifikasi S3.
  2. Penulisan publikasi ilmiah melibatkan akademisi dari salah satu atau beberapa universitas di Inggris Raya (UK) atau Irlandia.

Ketentuan khusus:

  1. Profil Penulis
    • Peserta adalah dosen dari perguruan tinggi yang masih membutuhkan pendampingan dan merupakan penulis utama (first author) dari artikel yang ditulis.
    • Program ini tidak diperuntukkan bagi dosen yang telah atau sedang mengikuti skema kerja sama yang sudah ada seperti Newton Fund, Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI), Sandwich Ristek-Dikti, atau program sejenis lainnya.
  2. Profil Jurnal dan Artikel
    • Jurnal tujuan publikasi harus jurnal yang terindeks sesuai dengan bidang keilmuan terkait (Contoh: PubMed, EBSCO dan MedLine untuk bidang ilmu hayati, biomedis dan kedokteran; Scopus untuk bidang keilmuan yang umum).
    • Jurnal tujuan publikasi harus termasuk di dalam jurnal dengan kualitas sekurang-kurangnya Q2 yang dapat dilihat di situs “SJR: Scimago Journal & Country Rank” (tautan: https://www.scimagojr.com/).
    • Jumlah artikel yang diajukan untuk program RPPI 2019 boleh lebih dari satu.
    • Artikel harus sudah mendapatkan status “dipertimbangkan untuk publikasi dengan koreksi major” (considered for publication subject to revision of major correction) atau “dipertimbangkan untuk publikasi dengan koreksi minor” (considered for publication with minor corrections). Dengan demikian, pada saat peserta mengikuti program ini yang dilakukan adalah diskusi dan finalisasi dengan penulis mitra/penelaah sebelum artikel perbaikan (revised version) tersebut dikirim ke pengelola jurnal.
    • Harap diperhatikan batas akhir waktu pengiriman naskah hasil revisi ke jurnal tujuan publikasi. Jika batas akhir waktu pengiriman hasil revisi adalah sebelum waktu pelaksanaan program RPPI 2019, maka artikel yang diajukan untuk program ini secara serta merta tidak akan diterima.
  3. Profil Mitra
    • Penulis mitra/penelaah harus berasal dari perguruan tinggi di UK atau Irlandia dan memiliki reputasi sangat baik dalam bidangnya dan aktif menulis artikel di jurnal-jurnal yang terindeks di bidang keilmuan terkait.
      Terdapat dua kategori untuk ketentuan ini:

      • Kategori Pertama
        Penulis utama dan mitra membuat artikel bersama. Untuk kategori ini, keduanya harus mencantumkan nama masing-masing di dalam artikel tersebut.
      • Kategori Kedua
        Penulis utama membuat artikel sendiri dan akademisi dari UK hanya bertindak sebagai penelaah yang memberikan umpan balik untuk finalisasi. Untuk kategori ini, hanya penulis utama yang harus mencantumkan namanya di dalam artikel tersebut. Namun demikian, penulis utama harus menyebutkan kontribusi penelaah tersebut pada bagian yang relevan (footnote/endnote).

Deskripsi Program dan Fasilitas:

  1. Program ini akan dimulai di minggu kedua bulan Oktober 2019 sesuai dengan kesepakatan penulis mitra/penelaah dan berlangsung selama 2 minggu.
  2. Program ini akan diselenggarakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London (alamat: 30 Great Peter Street, London, SW1P 2BU).
    • Bagi penulis mitra/penelaah yang berdomisili di luar wilayah kota London harus bersedia untuk datang ke KBRI London.
    • Pihak Atdikbud/KBRI London akan mengondisikan program ini agar kondusif untuk mendukung proses penyelsaian publikasi ilmiah.
  3. Pendaftaran program ini dibuka mulai sekarang dan ditutup pada tanggal 14 Agustus 2019 (pukul 17.00 BST atau pukul 23.00 WIB).
    • Untuk mendaftar, silakan isi borang pendaftaran daring di tautan ini: https://residensipublikasi.atdikbudlondon.org
    • Beberapa syarat administratif yang harus disediakan saat melakukan pendaftaran*:
      • CV Penulis Utama
      • Surat keterangan dari perguruan tinggi asal penulis utama (harus mencatumkan NIDN) yang menyebutkan bahwa pelamar adalah dosen tetap di perguruan tinggi tersebut.
      • Hasil pindai halaman identitas paspor (jika belum memiliki paspor bisa menggunakan hasil pindai KTP).
      • Surel keputusan EIC dari jurnal tujuan publikasi yang berisikan komentar dari para penelaah jurnal tujuan.
  1. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh Atdikbud:
    • Tiket pp Jakarta – London
    • Tempat tinggal selama di London di wisma yang dikelola oleh KBRI atau di tempat lain yang tarifnya setara dengan wisma terkait
    • Transportasi lokal untuk wilayah London (kartu Oyster)
    • Konsumsi sehari-hari selama program berlangsung

*) Format dokumen yang diunggah harus dalam bentuk PDF (*.pdf)

Proses Seleksi

  1. Kantor Atdikbud akan melakukan proses seleksi terhadap semua usulan/pengajuan yang diterima hingga batas waktu pendaftaran ditutup.
  2. Proses seleksi akan memakan waktu selama 2 minggu dan melibatkan tim khusus yang dibentuk oleh Kantor Atdikbud.
  3. Pengumuman atas usulan/pengajuan yang lolos akan dapat dilakukan pada tanggal 28 Agustus 2019 dan akan dikirimkan dengan surel kepada yang bersangkutan.

Jika memerlukan informasi lebih jauh mengenai ketentuan, deskripsi program dan fasilitas serta seleksi, silakan hubungi kami melalui alamat surel atdikbud@indonesianembassy.org.uk dengan subjek surel “[RPPI 2019] Pertanyaan”.

Iklan

Komentar ditutup.

Buku (Gratis)

Blog Stats

  • 1.307.675 hits
Iklan
%d blogger menyukai ini: