Newton Fund UK-Indonesia Science & Technology Fund

newton-solas

The Newton Fund Indonesia adalah program pembangunan kolaboratif resmi antara Pemerintah Inggris dan Indonesia pada area riset dan inovasi. Program yang akan berlangsung 7 tahun sejak peluncurannya di tahun 2014 ini, menyediakan dana dari Inggris sebesar setidaknya £10.000.000 untuk Indonesia.

British Council adalah pelaksana Newton fund untuk pilar pembangunan manusia.

British Council Indonesia bekerjasama dan bermitra dengan sejumlah organisasi pemerintah dan badan pendanaan Indonesia untuk melaksanakan program yang akan memberikan manfaat kepada peneliti Indonesia. Saat ini Newton Fund secara resmi bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk UK-Indonesia Science & Technology Fund. Kerjasama ini diresmikan pada tanggal 23 Maret 2016.

Newton Fund Indonesia adalah bagian penting dari program Newton Fund yang merupakan bagian dari program resmi pembangunan Inggris. Pada peluncuran pertamanya di tahun 2014, Newton Fund telah berkomitmen untuk menyediakan dana sebesar £75.000.000 setiap tahunnya dari 2014 sampai 2019.

Namun di tahun 2015, skema dana telah mendapatkan persetujuan untuk memperpanjang durasinya hingga 2021 dengan penggandaan dana menjadi sebesar £150.000.000 per tahun.

Dana kemitraan ini dialokasikan penggunaannya di lima belas negara, termasuk Indonesia, untuk mengembangkan kerjasama sains dan inovasi yang mempromosikan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial pada negara-negara berkembang.

British Council bekerja dengan organisasi Inggris lainnya untuk melaksanakan program Newton Fund. Berikut adalah mitra pelaksana Inggris; International Unit UK, Innovation UK, Royal Society, Academy of Medical Sciences, Royal Academy of Engineering (RAEng), RCUK, Medical Research Council, British Academy, Royal Society, Met Office and Academy of Medical Sciences.

Program British Council Bersama Mitra Penyandang Dana Indonesia

British Council bekerja dengan mitra penyandang dana Indonesia untuk melaksanakan program yang akan berfokus pada kebutuhan pembangunan nasional:

  • Energi dan perubahan iklim
  • Kesehatan
  • Maritim
  • Penataan dan Pengembangan Kota (termasuk sustainable urban living, transportasi, infrastruktur dan tata kota)
  • Kemandirian Pangan dan Pertanian
  • Pengembangan kapasitas pada Sains, Teknologi dan Inovasi

Berikut adalah kegiatan program Newton Fund yang dikelola British Council Indonesia:

  • Researcher Links – Workshop Grant & Travel Grant (Mitra Penyandang Dana panggilan 2016 : Kementerian Riset, Teknologi & Pendidikan Tinggi – khusus travel grant). Kegiatan ini akan berfokus pada peneliti pemula, meskipun pemimpin pendaftar harus merupakan peneliti ahli.
  • Institutional Links (Mitra Penyandang Dana panggilan 2016 : Kementerian Riset, Teknologi & Pendidikan Tinggi). Dana untuk membentuk kemitraan antara Lembaga Inggris dan Indonesia, lembaga dapat berbentuk Universitas (dan Lembaga Pendidikan Tinggi lainnya), Institusi riset dan bisnis yang memiliki tujuan untuk hilirisasi riset untuk menggerakan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial Indonesia.
  • Professional Development and Engagement (Mitra Penyandang Dana panggilan 2016 : Indonesia Science Fund). Membangun keahlian para peneliti pada area-area seperti komunikasi dan pengelolaan riset, dan juga mendukung praktik tata kelola riset yang baik, dan bagaimana meningkatkan keterlibatan pengampu kebijakan dan masyarakat.
  • Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) education (Mitra Penyandang Dana panggilan 2016 : Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia – LIPI). Mendukung pendidikan STEM melalui mekanisme yang bervariasi seperti pengembangan bahan ajar atau kegiatan rintisan dari inisiatif baru.
  • Technical Training and Employability: Perencanaan dan pengembangan angkatan kerja untuk pelatihan teknis dan vokasi pada sektor riset dan inovasi.

Kontak dan Kesempatan Bermitra

Informasi lebih lanjut mengenai Newton Fund Indonesia, silakan menghubungi newtonfund.indonesia@britishcouncil.or.id.

Kesempatan Terkini (Batas Waktu: 27 Juni 2016)

Telah dibuka aplikasi untuk kesempatan bermitra dengan batas waktu pengajuan 27 Juni 2016. Selengkapnya dapat dilihat di sini.

Sumber: https://www.britishcouncil.id/program/pendidikan/newton-fund

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: