Berita

Menengok Persiapan SBGP untuk Home Coming Gamelan (International Gamelan Festival)

HOME COMING GAMELAN adalah sebuah Festival Gamelan Internasional yang akan diselenggarakan di Solo Jawa Tengah pada tanggal 9-16 Agustus 2018. Pesertanya tidak hanya kelompok Karawitan Lokal tapi dari Mancanegara. Tak luput pula bagi kelompok Southbank Gamelan Player (SBGP) dari London Inggris salah satu dari 36 kelompok Gamelan Inggris yang terpilih untuk mengikuti acara IGF. Pemain Gamelan Southbank atau SBGP (Southbank Gamelan Players), Ensemble in Residence di Southbank Center, didirikan oleh Alec Roth pada tahun 1987. Kelompok ini telah membangun reputasi internasional baik untuk pertunjukan musik tradisional Jawa maupun musik baru. Kelompok ini telah berkolaborasi dengan berbagai musisi termasuk Björk (MTV Unplugged), Alec Roth dan Salvatore Sciarrino (Hari Musik Dunia ISCM).

Beberapa anggota Pemain Gamelan Southbank adalah tutor untuk Program Gamelan Southbank. Selain itu gamelan semakin diminati di Inggris. Repertoar gending yang disajikan oleh SBGP adalah Karawitan gaya Surakarta, Yogyakarta, Banyumas dan Semarangan (Nartosabdo) bahkan karya komposisi tradisi maupun kontemporer. Marilah kita menengok persiapan SBGP untuk pentas tersebut.

Jumat malam adalah hari dimana mereka berlatih di Southbank Centre London. Mereka mempersiapkan sebuah sajian komposisi kontemporer maupun penataan gending tradisi klasik dari berbagai gaya dan garapan yang disusun dan dikolaborasikan menjadi sebuah karya musik yang indah yang akan ditampilkan di acara pembukaan IGF. Ada yang bernuansa Jawa, Bali bahkan bernuansa kontemporer. Untuk gending Penutup mereka akan memainkan Gending Bibaran karya Prof.Dr.Rahayu Supanggah yang digarap dengan style Jogya. Mereka berlatih sangat keras dan berusaha semaksimal mungkin bisa tampil dengan baik di acara Home Coming Gamelan nanti.

Iklan

Diskusi

Komentar ditutup.

Buku (Gratis)

Blog Stats

  • 1.143.384 hits
Iklan
%d blogger menyukai ini: