News

Upacara Bendera HUT RI ke-71 di London Hikmat

London (ANTARA News) – Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan HUT RI Ke-71 dirayakan dengan hikmat di Kerajaan Inggris yang diadakan di Wisma Nusantara, Bishops Grove, London Rabu pada pukul 10 pagi waktu Inggris.

Upacara bendera dengan inspektur upacara Dubes Dr. Rizal Sukma diikuti tidak saja diplomat KBRI London tetapi juga ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan, DCM KBRI London, Anita Lidya Luhulima, kepala kantor perwakilan Indonesia seperti Bank Indonesia, Atase Perhubungan Simson Sinaga dan GM Garuda di London Jubi Prasetyo serta Direktur Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC) London Nurul Ichwan.

Selain itu upacara bendera juga diikuti para pelajar dan mahasiswa yang menuntut ilmu di Inggris, anggota dan pengurus organisasi pekerja domestik yang tergabung dalam Induk serta masyarakat Indonesia yang datang dari berbagai daerah.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih dengan Perwira Upacara Mayor Laut (P) P Andre M Dotulung dilakukan anggota pasukan Paskibra KBRI London yang sebelum dilantik oleh Dubes Rizal Sukma yang terdiri dari para pelajar Indonesia yang orang tua nya bekerja di London.

Bertindak sebagai Komandan upacara pengibaran bendera Merah Putih peringatan HUT RI Ke-71 Mayor Adm Ikhwan Solihan, siswa ACSC Sesko Inggris dan diikuti dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur Upacara, sementara pembacaan Teks Proklamasi oleh Atase Pendidikan KBRI London, E Aminudin Azis, dan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara Rizal Sukma, sedangkan pembacaan pembukaan UUD 1945 dan oleh Sekretaris Tiga Protokol Konsuler M Ilham Effendi dan diakhiri dengan doa oleh staff Athan RI London, Bustanul Rifai Hamzah.

Upacara detik-detik perayaan HUT RI diakhiri dengan aubade oleh anak-anak Indonesia dan Diaspora Indonesia yang melantumkan lagu-lagu perjuangan diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan makan siang bersama.

Arifien Sutrisno yang sedang berkunjung ke London bersama istri Bintari Arifien menunda kepulangan agar bisa mengikuti upacara pengibaran bendera HUT RI ke-17 yang diadakan di Wisma Nusantara.”Kami ingin merasakan perayaan HUT RI di London dan ikut upacara kemerdekaan RI di Inggris ternyata sangat luar biasa dan terharu sekali,” ujar ibu Bintari.”Ada rasa kebanggaan luar biasa bisa ikut upacara HUT RI di London, ujar ayah Dyah Ayu Paramita penerima beasiswa Chevining dari British Council.

Sementara itu dua mahasiswa Indonesia yang tengah menuntut ilmu mengambil Master di London School of Economic (LSE) , Yunita Nugrahani dan Zwesty Rimba mengatakan baru pertama kali ikut upacara di Inggris dan merasa terharu apalagi saat anak-anak menyanyikan lagu perjuangan.

Ketika kita berada jauh dari Indonesia justru menumbuhkan rasa nasionalisme dan rasa cinta terhadap Indonesia. “Dengan berada di luar Indonesia kami bisa membandingkan dengan negara lain dan melihat keunikan negara kita secara objektif dan jadi kami bisa lebih menghargai, ujar remaja yang mengambil master di bidang Health Policy, planning, financing.

Sementara itu Ketua Induk, Tuti Musbeth mengatakan bahagia banget bisa ikut memperingati hari kemerdekaan biarpun jauh dari tanah air ,akan tetapi semangat dan cinta Indonesia akan selalu ada . semoga indonesia makin maju dan jaya .Merdeka!!!, ujar Tuti bersama rekan-rakannya hadir untuk memperingati kemeriaan HUT RI ke 71 ini. Apalagi acara diakhiri dengan makan siang bersama dengan menu nasi Kapau lengkap dengan rendang dan telor balaso plus sambel cabe ijo dari Dapur Teh Ina.

Editor: B Kunto Wibisono

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/579277/upacara-bendera-hut-ri-ke-71-di-london-hikmat

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: