News

Beasiswa dari Bill Gates, Mau?

JAKARTA – Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates, memiliki program beasiswa bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang Magister (S-2). Program tersebut ditawarkan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan mereka di Inggris, tepatnya di University of Cambridge.

Sejak 2000, Bill dan Melinda Gates telah memberikan donasi biaya studi bagi mahasiswa melalui program Gates Cambridge Scholarship. Setiap tahun, terdapat 95 kuota beasiswa, 55 kuota yang ada diberikan oleh mahasiswa internasional termasuk mahasiswa dari Indonesia.

Beasiswa ini bersifat full, artinya kamu akan mendapatkan semua biaya untuk mendanai keperluan kuliahmu di Inggris. Selama kuliah, kamu akan mendapatkan sejumlah tunjangan di antaranya biaya kuliah di University of Cambridge, tunjangan pemeliharaan sebesar 14 ribu poundsterling atau sekira Rp251 juta per tahun. Kamu juga akan mendapatkan tiket pesawat PP, biaya visa sampai tunjangan keluarga jika kamu harus membawa keluarga untuk melanjutkan pendidikanmu di Inggris.

Pada program beasiswa ini, peserta tidak disyaratkan mendaftar di usia tertentu. Syarat lainnya yang perlu dipenuhi pelamar adalah pendaftar bukan warganegara Inggris. Kamu juga perlu mendaftar program kuliah full time di University of Cambridge. Jika kamu adalah mahasiswa di University of Cambridge, maka tidak diperkenankan untuk mendaftar beasiswa ini kecuali ingin mengambil kuliah yang baru.

Selain persyaratan yang harus dipenuhi, kamu juga memerlukan sejumlah dokumen yang wajib dilampirkan. Dokumen yang perlu kamu siapkan yakni Graduate Application Form, salinan resmi transkip akademis, dua surat referensi akademik dan satu surat referensi personal.

Pendaftaran beasiswa dengan kuliah dilakukan secara terpisah. Kamu bisa melakukan pendaftaran ke universitas melalui laman resmi University of Cambridge. Untuk pendaftaran beasiswa, kamu bisa lakukan di laman resmi Gates Cambridge Sholarship.

Pendaftaran akan dibuka pada 5 September 2016 dan ditutup pada 7 Desember 2016. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website University of Cambridge. (afr)

Oleh: Afriani Susanti

Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/06/27/65/1426255/beasiswa-dari-bill-gates-mau

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: