News

Warga Inggris mendongeng Bawang Merah Bawang Putih di Bristol Inggris

Sabtu 7 mei 2016 bertempat di Trinity Centre Bristol, Inggris, berlangsung acara Bristol Indonesian Society (BIS) Gathering. Sebuah acara yang digelar oleh perkumpulan orang Indonesia yang bermukim di kota Bristol dan sekitarnya untuk memperkenalkan budaya Indonesia lewat kesenian, makanan serta dongeng.

Dongeng? Ya, dongeng! dongeng alias folk tales atau cerita rakyat ini merupakan salah satu bagian yang tidak bisa dilepaskan dari Indonesia. Betapa banyak dongeng/cerita rakyat (Indonesia) dari Sabang sampai Merauke yang kita miliki. Yang masing-masing cerita bermuatan lokal tersebut memiliki pesan moral yang sangat baik untuk disampaikan kepada anak-anak. Sehingga pelajaran baik dan buruk dari sebuah dongeng bisa dengan mudah sampai pada pemikiran anak-anak tanpa menggurui.

Dengan kekuatan folk tales Indonesia inilah BIS Gathering berusaha menarik perhatian warga Inggris akan Indonesia. Bahwa Indonesia tidak hanya terkenal akan makanannya yang enak dan sangat beragam. Tidak hanya karena keindahan alamnya. Tidak hanya karena kekayaan seni budayanya. Tapi ada hal lainnya yang  Indonesia miliki sebagai salah satu daya tarik yang bisa dimunculkan dan diperkenalkan kepada orang asing, yaitu dongeng.

Dalam kesempatan BIS Gathering ini ketua BIS berhasil mendatangkan pendongeng yang tentunya orang Inggris, bernama Louis Mc Kenzie yang kebetulan seorang guru drama. Dengan sangat ekspresif Louis Mc Kenzie mendongeng bawang merah bawang putih dihadapan para pendengar cilik, abg, orang tua, bahkan oma opa yang hadir pada saat itu, tak hanya orang Indonesia, tapi juga warga lokal (orang Inggris).

Dengan seksama audience larut dalam dongeng tersebut terlebih anak-anak berdarah Indonesia namun lahir dan besar di Inggris. Mungkin pula sebelumnya mereka belum pernah mendengar cerita bawang merah bawah putih dari orang tua mereka sendiri yang notabene orang Indonesia. Lucu juga ya? mereka mendengarkan dongeng Indonesia dari mulut orang Inggris.

Tak hanya dongeng bawang merah bawang putih, di sesi berikutnya Louis Mc Kenzie mengangkat judul Timun Mas dan Lutung Kasarung. Menurut Louis cerita rakyat (Indonesia) memiliki kekuatan sejarah, budaya, tradisi, kedalaman makna, sarat pesan moral serta kearifan lokal yang sangat kental. Oleh karena itulah ia sangat tertarik sekali akan dongeng yang Indonesia miliki. “Adalah suatu kehormatan besar bagi saya untuk bisa berpartisaipasi dalam acara yang sangat keren ini,” begitu yang disampaikan oleh Louis Mc Kenzie kepada penulis.

“Kalian tau gak sih? bahwa kebudayaan kalian itu sangat luar biasa! termasuk cerita-cerita rakyat seperti ini,” begitu lebih lanjut ujar pak guru drama yang saat itu memakai ikat kepala ala orang Indonesia.

story telling bawang merah bawang putih

Inilah dia ketika Louis  mendongeng dihadapan para audience, anak-anak hingga oma opa, WNI juga WNA (Source: rosimeilani.com)

Lihatlah Louis, betapa ia begitu terkesan, tertarik, menghargai dan sangat menyukai dongeng/cerita rakyat Indonesia. Apa kabarnya kita? Dongeng apa saja yang telah Anda sampaikan kepada anak-anak kita tercinta? Bukankah dari setiap dongeng itu memiliki kedalaman makna, pesan moral, pembelajaran dan nilai-nilai positif lainnya?

Liputan selengkapnya dapat dilihat di video berikut ini:

Sumber: http://rosimeilani.com/2016/05/09/warga-inggris-mendongeng-bawang-merah-bawang-putih-di-bristol-inggris/

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: