News

Inovasi Kantong Plastik Unpad Dipamerkan ke Inggris

TEMPO.CO, Bandung Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran mengenalkan inovasi kantong plastik untuk pertanian (polybag) berbahan eceng gondok pertama kali pada sebuah forum ilmiah di Inggris. Menuai pujian, inovasi itu dinilai cocok untuk mengatasi masalah sampah plastik di negara berkembang.

Tim yang terdiri atas Supriady Siregar, Gugun Gunawan (Agroteknologi 2012 dan 2013) serta Margaretha Marpaung (Agribisnis 2012) mengganti polietilena sebagai material utama pada racikan bahan pembuat polybag plastik dengan ekstrak tanaman eceng gondok (Eichhornia crassipes). Hasilnya, bahan yang disebut Biopolybag tersebut dapat hancur dalam waktu 9-12 pekan di dalam tanah, air keran, dan air sungai. Sebab, Biopolybag mengandung selulosa atau serat tumbuhan yang menjadi santapan bakteri atau mikroba.

Untuk penelitian dan uji coba sejak Mei hingga akhir September 2015 itu, mereka mengirim abstraksi dan laporan hasil risetnya ke acara Indonesian Scholars International Convention (ISIC) 15th Conference 2015. Panitia yang tertarik pada inovasi tersebut mengundang mereka ke acara yang berlangsung pada 2-5 Oktober lalu di King’s College London, Inggris.

Berbekal dana riset Program Kreativitas Mahasiswa sebesar Rp 6 juta dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, kata Supriady, undangan panitia tersebut mendorong mereka untuk segera merampungkan pembuatan Biopolybag. “Kalau di kuliah, kami belum waktunya membuat riset,” ujarnya.

Supriady mewakili timnya memaparkan riset berjudul “Revolution Biopolybag System Based on Water Hyacinth’s Fiber as a Solution for Environmental Friendly Seeding and Seedling Plants”. “Kami mendapat pujian dan Biopolybag dinilai cocok untuk masalah sampah di negara berkembang,” katanya saat ditemui Tempo di kampus Fakultas Pertanian Unpad, Jatinangor, Senin, 21 Desember 2015. Inovasi tersebut ikut dibimbing dosen Rija Sudirja.

Temu Ilmiah Mahasiswa Internasional Indonesia tersebut menampilkan puluhan topik riset dengan beragam tema, seperti pertanian, telekomunikasi, kesehatan, hingga pembangkit listrik.

ANWAR SISWADI

Sumber: https://m.tempo.co/read/news/2015/12/22/061729763/inovasi-kantong-plastik-unpad-dipamerkan-ke-inggris

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: