News

Mahasiswa LPDP Raih Penghargaan Dissertation of the Year di UK

DSCF3753London (ANTARA News) – Seorang mahasiswa Cranfield yang disponsori Lembaga Pengelola Dana Keuangan (LPDP) Indonesia, Luluk Lusiantoro, memenangkan Dissertation of the Year Award 2015, penghargaan bergengsi tahunan yang  diberikan Chartered Institute of Logistics and Transportation di Inggris.

Dosen senior di Cranfield, Dr Benny Tjahjono kepada Antara London, Kamis menyebutkan prestasi Luluk Lusiantoro, menunjukkan kualitas pendidikan dan penelitian di Cranfield University khususnya di tingkat pascasarjana.

Luluk Lusiantoro, penerima beasiswa LPDP 2013 program Master Logistics and Supply Chain Management di School of Management, Cranfield University, dalam disertasi Masternya membahas Supply Chain darah, bekerjasama dengan National Health Services Blood Transplant (NHSBT) Inggris.

Proyek disertasi Luluk bertujuan mengidentifikasi level stok yang ideal dari sel darah merah dari semua kelompok darah di pusat darah di seluruh Inggris dan Wales Utara.

Kontribusi utama Luluk adalah dalam mengidentifikasi tingkat stok yang ideal untuk menghindari pemborosan stok darah akibat kadaluwarsa. Dalam disertasinya, Luluk menggunakan statistik deskriptif untuk menganalisa kebutuhan darah, stok dan pemborosan baik di pusat darah atau rumah sakit terkait.

Dengan regresi linier, pemborosan diharapkan dapat diprediksi untuk golongan darah yang memiliki korelasi yang kuat dan positif antara tingkat rata-rata stok darah dan pemborosan yang mungkin terjadi.

Luluk mengatakan sangat senang karena keberhasilan inilah yang lebih memotivasinya untuk meniti karir sebagai peneliti di bidang logistik dan rantai pasok. Luluk, staf akademik di Universitas Gadjah Mada yang aktif di Cranfield Indonesian Scholars Community (CRISCOM) saat ini sedang melanjutkan PhD di School of Management, Cranfield University, yang juga disponsori LPDP.

Mengomentari keberhasilan Luluk, Dr Benny Tjahjono, berharap LPDP akan melihat keberhasilan ini dan memasukkan Cranfield dalam daftar, sehingga memungkinkan mahasiswa LPDP lain untuk belajar di Cranfield tanpa harus melalui kasus khusus.

Saat ini ada empat mahasiswa LPDP yang belajar di Cranfield termasuk Luluk Lusiantoro (PhD), Elingselasri (MSc), Arie Wibowo (PhD) dan Anton Aliabbas (PhD). Cranfield University adalah universitas khusus pascasarjana (S2 dan S3) terkemuka di Inggris yang mengutamakan pendidikan dan transformasi riset di bidang teknologi dan manajemen. Cranfield dikenal dengan risetnya yang bukan saja akademis tetapi juga praktis, karena sangat relevan dengan kebutuhan industri.

Editor: B Kunto Wibisono

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/510823/mahasiswa-lpdp-raih-penghargaan-dissertation-of-the-year-di-uk

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: