Information

Pemberitahuan Penggantian Paspor Desain Baru bagi Pelajar Pemegang Paspor Biasa/Dinas

Berdasarkan peraturan International Civil Aviation Organization (ICAO), Chicago Convention Annex 9 Standard 3.10.1. mulai tanggal 24 November 2015, seluruh paspor yang dapat digunakan untuk melintas tempat pemeriksaan imigrasi di seluruh negara harus sesuai dengan ketentuan ICAO, yaitu diantaranya:

  • Paspor Diplomatik/Dinas/Biasa harus termasuk dalam Machine Readable Travel Document (MRTD), yaitu memiliki barcode di halaman biodata dan terbaca oleh mesin scanner, dan
  • Paspor Diplomatik/Dinas/Biasa tidak memiliki perpanjangan masa berlaku yang ditulis tangan dan menggunakan stempel basah

Jika Paspor Diplomatik/Dinas/Biasa yang dimiliki masih belum mengikuti ketentuan ICAO, seperti tidak memiliki barcode di halaman biodata, masih memiliki halaman perpanjangan masa berlaku, dan perpanjangan paspor ditulis tangan serta memakai stempel basah, dan akan digunakan setelah/pada tanggal 24 November 2015, maka harus dilakukan penggantian paspor.

Bagi pemegang Paspor Diplomatik/Dinas, KBRI London akan memfasilitasi secara terpusat dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Mengisi Formulir Permohonan Pelayanan Paspor (terlampir);
  • Menyerahkan Formulir dengan disertai fotokopi paspor lama (seluruh halaman) dan 2 pas foto terbaru (4×6, latar belakang putih, PSL) selambat-lambatnya tanggal 31 Juli 2015. (Sebagai catatan, penggantian Paspor Diplomatik/Dinas setelah tanggal 31 Juli 2015 harus dilakukan sendiri oleh pemohon ke Kementerian Luar Negeri);
  • Formulir dapat diserahkan dengan datang langsung ke KBRI London, atau melalui email dengan mengirimkan scanned copy seluruh dokumen dan file foto ke konsuler@indonesianembassy.org.uk, atau melalui pos ditujukan ke Bagian Konsuler KBRI London, 38 Grosvenor Square, London W1K 2HW.
  • Jika paspor baru ingin dikirimkan melalui pos ke alamat pemohon, harap mengirimkan paspor lama (asli) dan pre-paid special delivery envelope yang sudah dituliskan alamat lengkap dan kode pos ke KBRI London pada awal bulan September 2015.
  • Proses penggantian diperikan sekitar 2 bulan karena pembuatan paspor dilakukan di Kantor Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Indonesia. Diharapakan pada awal bulan Oktober 2015, paspor baru telah tersedia. Penggantian Paspor Diplomatik/Dinas tidak dipungut biaya.

Bagi pemegang Paspor Biasa, penggantian paspor dapat dilakukan dengan mengikuti prosedur pembuatan Paspor RI baru di KBRI London (http://indonesianembassy.org.uk/consular/consular_wni_baru_passport.html).

Informasi lebih lanjut mengenai hal ini dapat juga diperoleh melalui telepon: 02074997661, 07881221235, dan email: konsuler@indonesianembassy.org.uk.

Source: indonesianembassy.org.uk

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: