News

Siswa Indonesia Juara Kompetisi Tari Tradisional di Wales

TEMPO.CO , Jakarta: Siswa-siswi SMP – SMA Garuda Cendekia yang tergabung dalam ‘Gardya’ (Garuda Berbudaya) berhasil memenangkan kompetisi tari tradisional di Llangollen International Musical Eiteddfod, Wales, Inggris Raya, yang diselenggarakan pada 7 Juli 2015 hingga 12 Juli 2015.

“Sejumlah 31 siswa-siswi SMP dan SMA Garuda Cendekia berhasil meraih tiga juara sekaligus di antaranya adalah Juara Pertama untuk kategori Koreografi Tarian Rakyat Tradisional, Juara Kedua untuk kategori Tarian Rakyat Tradisional Tingkat Anak-anak dan Juara Ketiga untuk kategori Tarian Rakyat Tradisional,” tulis rilis yang diterima Tempo, Selasa, 14 Juli 2015.

Para pelajar yang tergabung dalam Gardya ini menampilkan berbagai tarian tradisional dari Indonesia mulai dari Tari Rapa’i Kipah dari Aceh, Tari Piring dari Sumatera Barat, Tari Gending Sriwijaya dari Sumatera Selatan, Tari Kembang Kipas dari DKI Jakarta, Tari Giring-Giring dari Kalimantan dan Tari Yosfan dari Papua.

Sementara itu, alat musik yang mengiri tarian tersebut diantaraya adalah talempong, angklung, gendang dan rebana yang dimainkan secara langsung.

Sebelumnya, para pelajar mulai dari kelas 7 sampai dengan kelas 10 ini mendapatkan pelatihan tari-musik dan pengarahan intensif selama 7 bulan yang dipimpin oleh Mira Arismunandar dari Gema Citra Nusantara.

Llangollen International Musical Eisteddfod atau dikenal juga dengan sebutan Choral Music Festival merupakan festival internasional yang diikuti beberapa negara termasuk Indonesia. Sebelum berlomba, peserta berkesempatan untuk mengikuti Parade Internasional pada 7 Juli 2015 dan bertemu langsung dengan Pangeran Charles yang turut hadir dalam acara tersebut.

DINI TEJA

Sumber: http://seleb.tempo.co/read/news/2015/07/16/114684316/siswa-indonesia-juara-kompetisi-tari-tradisional-di-wales

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: