News

Curhat Akademis (Curdis) Edisi Juni 2015

Leeds, hari Selasa (16/06/15) Perhimpunan Pelajar Indonesia Leeds menyelenggarakan diskusi, curhat akademis (Curdis).  Kegiatan ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari pertemuan rutin mahasiswa PhD Leeds sejak akhir tahun 2014. Adapun latar belakang kegiatan ini adalah akibat dari keprihatinan terhadap minimnya diskusi akademik untuk saling mendukung, memberikan masukan, dan bahkan pengalaman kegagalan masa lalu. Ternyata meskipun setiap mahasiswa memiliki focus penelitiannya masing-masing, banyak hal yang bisa dipelajari seperti cara membuat literature review, pengalaman ujian transfer, bahkan pengembangan proposal agar dapat dilanjutkan menjadi jenjang PhD.

1Bertempat di Baines Wing, curhat akademis (Curdis) dengan suasana santai diisi oleh Ibu Suryane Susanti a.k.a Mbak Lilis untuk memberikan tips anti galau dalam pembuatan literature review. Disusul oleh dua curhat yakni Rachmadya Nur Hidayah dengan judul “The impact of national certification examination for medical undergraduates in Indonesia: Perspective from learners, faculties, and medical schools”, dan M. Surya Anindita “Moderating Effect of Internationalization Start Up Pattern at Indonesia SMEs

2

Dalam sesi 30 menit awal, Mbak Lilis memaparkan bagaimana cara melakukan literature review. Dari contoh bagaimana cara meramu nasi goreng yang sedap, hingga contoh tahapan konkrit bagaimana literature review yang benar dan salah, membuat para peserta menjadi mudah mengerti dan tertarik untuk melakukannya. Tidak hanya Mbak Lilis, beberapa pengalaman juga disampaikan oleh mahasiswa PhD lainnya terkait tantangan-tantangan yang dihadapi dan bagaimana cara mengatasinya, salah satu contoh adalah penggunaan aplikasi NVivo untuk melakukan mapping literature review.

3Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Rachma. Selain menjelaskan mengenai penelitiannya yakni bagaimana dampak sertifikasi ujian nasional terhadap mahasiswa kedokteran di Indonesia, beliau juga menceritakan pengalaman beliau selama ujian transfer yang hampir selama 2,5 jam. Pertanyaan-pertanyaan mengenai metodologi teknis di lapangan, feasibilitas dan rencana ketika pengambilan data, limitasi penelitian yang harus disadari di awal, dan manfaat penelitian merupakan hal-hal yang sangat ditekankan selama ujian.

4

Sesi terakhir curhat oleh Surya. Beliau adalah mahasiswa Master yang memiliki obsesi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang PhD. Dengan gaya standup comedy nya beliau memaparkan rencana penelitian disertasi, sekaligus meminta masukan agar dapat dilanjutkan sebagai proposal PhD. Ternyata dalam sesi tanya jawab, cukup banyak mahasiswa yang pernah menggeluti dunia usaha kecil menengah sebagai topik besar penelitiannya.

Sebelum acara ditutup, tidak ketinggalan door prize sebagai apresiasi terhadap para pembicara dan para peserta yang begitu antusias mengikuti acara. Selamat kepada para peserta yang beruntung mendapatkan hadiah, dan terimakasih kepada para pembicara yang sudah curhat. Besar harapan acara ini dapat terus dilanjutkan rutin setiap bulan demi meningkatkan kapasitas akademis dan keakraban mahasiswa untuk seluruh jenjang pendidikan.

Oleh: Firdaus Hafidz

Sumber: http://ppi-leeds.com/berita/curhat-akademis-curdis-edisi-juni-2015/

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: