News

Ribuan Mahasiswa Indonesia Belajar ke Inggris

MedanBisnis – Medan. Sedikitnya sebanyak 2.400 mahasiswa asal Indonesia melanjutkan pendidikan ke Inggris pada tahun 2014. Umumnya, bidang ekonomi menjadi pilihan mahasiswa tersebut. “Jumlah ini meningkat pesat, yakni tumbuh sekitar 36% jika dibandingkan posisi tahun 2013,” jelas Director Education and Society, British Council Indonesia Teresa Birks kepada wartawan, di sela-sela pelaksanaan pameran pendidikan Education UK Exhibition yang diadakan British Council di Hotel Santika, Kamis (19/3).

Teresa mengatakan, umumnya para mahasiswa belajar ke Inggris tersebut untuk meraih pendidikan program S2 (magister) dan juga program S3 (doktor).

“Umumnya mereka mengambil program studi bidang ekonomi, seperti akuntansi, manajemen keuangan, bisnis. Baru disusul program studi engineering,” ujarnya.

Teresa mengatakan, umumnya para mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di Inggris tidak mengalami kesulitan dalam beradaptasi. Hal ini disebabkan heterogenitas yang terjaga dengan baik di negara tersebut. Masyarakat Inggris, lanjutnya, menyambut dengan tangan terbuka atas kedatangan mahasiswa ini.

Untuk lebih mengenalkan dunia pendidikan tinggi di Inggris, British Council mengadakan pameran yang menghadirkan sebanyak 21 pendidikan tinggi dari negara tersebut. “Dalam pameran ini, pengunjung dapat berdiskusi dan mengetahui lebih jauh tentang dunia pendidikan tinggi di Inggris berikut kondisi yang ada di negara tersebut,” ujarnya.

Pada pameran yang mengambil tema Expanding Your Horizon ini, juga diadakan berbagai macam seminar yang membicarakan tentang pendidikan di Inggris secara umum, visa untuk belajar ke Inggris maupun tips bagaimana menulis personal statement yang memang dibutuhkan ketika mendaftar ke suatu institusi pendidikan di Inggris. (hisar hasibuan)

Sumber: http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2015/03/20/153404/ribuan-mahasiswa-indonesia-belajar-ke-inggris/

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: