News

UI Tingkatkan Kerja Sama Dengan Oxford

Delegasi Universitas Indonesia dibawah pimpinan Sekretaris Universitas Prof. Dr. Tommy Ilyas mengadakan kunjungan ke beberapa universitas terkemuka di Inggris untuk meningkatkan kerja sama, di antaranya dengan University of Oxford.

‘Rombongan UI juga mengunjungi Imperial College London, London School of Economics and Political Sciences (LSE) dan University College of London (UCL),’ kata Pengajar FISIP UI yang sedang tugas belajar di LSE, Vishnu Juwono, Rabu.

Dalam kunjungan itu, Prof. Tommy juga didampingi Direktur Hubungan Alumni UI Dr Sandra Fikawati, Deputi Direktur Hubungan Alumni UI Erwin Nurdin, dan Staf Khusus Direktorat Hubungan Alumni Ahmad Syafiq PhD.

Kunjungan Delegasi UI ke Inggris selama enam hari sejak 7 hingga12 Oktober itu mendapat dukungan KBRI, Kuasa Usaha Ad Interim Eka A. Suripto, Koordinator Pensosbud merangkap Plt Atase Pendidikan Kebudayaan (Atdikbud) Dino Kurniadi, dan Sekretaris I/Politik Fadjar Tjahjanto, serta jajaran perwakilan Indonesia di Inggris.

‘Delegasi UI diterima langsung oleh pimpinan tertinggi University of Oxford Vice Chancellor Prof. Andrew Charlton di meeting room Wellington Square, Oxford,’ katanya.

Dalam sambutannya, Prof. Andrew Charlton menyambut baik kedatangan delegasi UI dalam rangka peningkatan kerja sama antara UI dengan University Oxford dalam sinergi akademik yang lebih erat lagi.

Prof. Tommy menjelaskan kehadiran delegasi UI di University of Oxford ingin menunjukkan bahwa UI tidak hanya menjadi nomor satu di Indonesia tetapi juga dapat bersaing di tingkat internasional.

‘Karenanya, kami ingin meningkatkan kerja sama akademik dengan perguruan tinggi terbaik di Inggris seperti University of Oxford,’ katanya.

Selain membahas kerja sama akademik, Ahmad Syafiq mempresentasikan ‘tracer study’ yang dilakukan Direktorat Alumni Universitas Indonesia.

Studi ini dilakukan untuk mengetahui berbagai karakteristik dari para alumni UI yang telah bergabung dalam dunia kerja. Mereka ingin melakukan studi bagaimana University of Oxford menggunakan data darialumninya dan bagaimana salah satu universitas tertua di dunia tersebut membangun dan mengembangan jaringan alumninya di seluruh dunia.

Sebelumnya, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia menjalin kerja sama dengan Center for Tropical Medicine Nufilled, Department of Medical dari University of Oxford dengan ditandatanganinyaMemorandum of Understanding (MOU) pada November 2012.

Selain mengunjungi Oxford University, delegasi UI berkesempatan berkunjung ke Imperial College London yang dikenal dengan bidang studi keteknikan di tingkat dunia (nomor 2 di dunia berdasarkan peringkat QS University Rankings) dan berdiskusi dengan Head of International Programme Clare Turner serta Dosen Senior Dr. David McPhail dari Department of Materials.

Pada pertemuan tersebut, delegasi UI menjajaki kesempatan berkolaborasi akademik dengan Imperial College London, terutama dalam meningkatkan kerja sama dengan fakultas teknik, apalagi terdapat beberapa mahasiswa Imperial College London juga merupakan alumni Universitas Indonesia.

Selanjutnya, Delegasi UI mengadakan pertemuan dengan pejabat University College of London (UCL) yang mempunyai peringkat keempat universitas dunia berdasarkan ranking yang dikeluarkan QS.

Di Imperial College London, delegasi diterima beberapa pejabat UCL yang dipimpin Nigel Percival, Director of the office of International Affairs.

Dalam diskusi itu, delegasi UI yang dipimpin Prof. Tommy selain membahas usaha untuk memperkuat kerja sama dalam bidang riset diantara kedua universitas, serta memperkuat program pertukaran mahasiswa dan staf akademik.

‘Diharapkan, mahasiswa atau dosen UCL tertarik untuk melakukan studi di Indonesia dan dapat difasilitasi oleh UI,’ katanya.

Selanjutnya, rombongan UI melakukan kunjungan kekota Nottingham dan berkunjung ke University of Nottingham yang disambut oleh Helen Foster, Director of International Office, University of Nottingham yangdalam pertemuan tersebut dibahas berbagai upayamemperkuat kerja sama akademik antara University of Nottingham dengan UI.(ant/rd)

Sumber: http://www.ciputranews.com/kesra/ui-tingkatkan-kerja-sama-dengan-oxford

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: