News

UI Deklarasikan ILUNI Inggris Raya

Para alumni UI yang berkumpul di KBRI London. (Courtesy of KBRI London)

Jakarta (ANTARA News) – Universitas Indonesia mendeklarasikan terbentuknya ILUNI UI Inggris Raya dalam upaya untuk mempererat wadah sesama alumni disamping sebagai upaya memberikan kontribusi positif untuk almamater bidang akademik dan nonakademik serta bagi masyarakat Indonesia.

“ILUNI UI Inggris Raya sudah dideklarasikan pada 12 Oktober 2014 di KBRI London yang dihadiri oleh 70 alumni dari berbagai kota di Inggris,” kata Staf Khusus Pimpinan UI Jona Widhagdo Putri di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, 70 alumni UI yang ikut mendeklarasikan datang dari Cambridge, Oxford, Manchaster, Leeds, Birmingham, Nottingham, London, serta dari Skotlandia. Mereka memiliki berbagai profesi seperti dosen, pegawai swasta, pegawai BUMN, diplomat, serta mahasiswa.

Hadir dalam acara deklarasi itu antara lain Sekretaris UI Tommy Ilyas, Direktur Hubungan Alumni UI Sandra Fikawati, Deputi Direktur Hubungan Alumni UI Erwin Nurdin, serta Staf Khusus Direktorat Hubungan Alumni Ahmad Syafiq.

Jona mengatakan, pentingnya peranan alumni UI dalam pengembangan kampus mengingat dengan berprestasinya alumni akan berpengaruh pada citra baik kampus.

“Alumni adalah agen perubahan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif yang nyata sehingga UI dapat bersaing dengan berbagai universitas unggulan di belahan dunia,” katanya.

Dikatakan pula peran alumni dinilai penting dalam melengkapi data base informasi alumni UI dan memberikan mentoring bagi para alumni baru mengingat ILUNI serupa juga telah terbentuk di Amerika Serikat, Singapura dan Qatar.

Dari pertemuannya dengan para alumni, Jona mengatakan sekalipun jauh berada dari Tanah air namun mereka masih menaruh perhatian besar terhadap almamaternya, hal ini terlihat dari dialog yang diadakan pihak UI dengan alumni sesaat sebelum deklarasi dilakukan.

“Setelah dialog berakhir dicapai kesepakatan secara kuorum dari para alumni UI di Inggris yang hadir pada saat itu untuk membentuk ILUNI UI UK. Secara resmi pembentukan ILUNI UI UK dideklarasikan bersama-sama oleh 70 alumni UI yang hadir penuh antusias,” katanya.

Dalam deklarasi tersebut juga disepakati pembentukan formatur yang pengurusnya para alumni di Inggris Raya. Tugas pertama formatur adalah menampung aspirasi dari para alumni UI guna membentuk kepengurusan dari ILUNI UI UK Chapter yang lengkap dengan perangkat organisasi terdiri dari ketua, sekretaris serta bendahara dalam waktu secepatnya.

Setelah kepengurusan lengkap nantinya secara resmi ILUNI UI UK terbentuk dengan diterbitkannya surat keputusan dari Ketua ILUNI UI.(A025/R010)

Editor: Ruslan Burhani

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/458843/ui-deklarasikan-iluni-inggris-raya

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: