News

Ramadan di Lancaster, Rindu Kultum di Sela Tarawih

Jakarta – Memasuki minggu ke-3 Ramadan di Kota Lancaster Inggris suasana puasa semakin meriah. Setiap menjelang berbuka puasa, saya dan teman-teman dari berbagai negara seperti Nigeria, Mesir, Malaysia dan Brunei. Setelah itu dilanjut dengan Tarawih berjamaah, namun sayangnya di sini tidak ada kultum di sela-sela ibadah sunah itu. Padahal saya merindu kultum seperti halnya di Tanah Air.

Pengalaman saya salat di berbagai masjid kampus di Inggris, umumnya tempat ibadah disatukan di satu tempat yang disebut dengan Chaplancy atau contempalation room. Alhamduliallah di sini kami diberikan fasilitas istimewa masjid yang di namakan ‘prayer room’ khsus tempat beribadah umat islam.

Usai salat Maghrib kami langsung santap malam, istimewanya makanan yang disajikan selalu berbeda tiap hari dan kita tidak dibebani harus iuran, sebuah hal sederhana yang melegakan buat anak rantau seperti saya. Usai santap malam kami biasanya berbagi cerita sambil menunggu salat Tarawih. Di Lancaster kami salat Tarawin 11 rakaat dalam waktu 1.5 jam setengah. Hal ini karena imam biasanya membacakan satu juz per malam.

Saya pun harus membawa Alquran kecil sambil mendengar imam membacakan surat dan terkadang satu rakaat bisa berlainan durasi dengan rakaat lainnya. Di Inggris disela salat Isya dan tarawih tidak pernah ada kultum, itulah salah satu yang saya rindukan selama berpuasa disini.

Oiya jangan harap setelah Tarawih kita menemukan jajanan seperti batagor dan bakso malang seperti di Indonesia. Usai Tarawin biasanya kami segera pulang ke tempat masing-masing karena waktu sahur akan segera tiba.

Suhu udara yang sedang panas-panasnya di Inggris tidak menyurutkan semangat kami berpuasa. Waktu 19 jam pun seolah bukan halangan berarti untuk kami umat muslim Indonesia disini. Bahkan teman-teman kami di wilayah paling utara seperti kota Aberdeen memiliki tantangan puasa yang lebih menantang. Mereka harus berpuasa lebih lama hingga 20 jam.

Oleh: Gilang Nur Rahman*

*) Penulis merupakan mahasiswa master Psychology of Advertising Lancaster University UK / Juga Pengurus PPI UK

Sumber: http://ramadan.detik.com/read/2014/07/17/191556/2640548/1598/ramadan-di-lancaster-rindu-kultum-di-sela-tarawih

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: