News

Ramadan dan Pilpres di Glasgow UK, Untaian Doa untuk Presiden Terpilih

Jakarta – Pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) tidak hanya dapat dirasakan di Tanah Air, tapi juga dirasakan oleh seluruh warga Indonesia yang berada di belahan dunia, salah satunya Glasgow, Inggris Raya. Walaupun Glasgow berada cukup jauh dari London dimana KBRI berpusat di sana, namun kami tetap dapat ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini.

Jika di Indonesia memilihnya langsung mencoblos dengan paku, di sini kami memilih melalui pos. Surat suara akan dikirimkan ke alamat masing-masing dan kami diharapkan untuk mengirimkan surat suara tersebut kembali kepada KBRI sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Tentunya Ramadan kali ini terasa lebih unik dari biasanya karena kami juga turut serta berpartisipasi dalam membangun bangsa melalui Pemilu tersebut. Fungsi Pemilu yang saat ini bertepatan pada bulan Ramadan adalah untuk mencari penerus estafet kepemimpinan Indonesia ke depan. Tentunya, tidaklah arif apabila kita tidak melihat kepemimpinan Rasulullah sebagai contoh terbaik sebagai seorang pemimpin. Kesempurnaan sifat Nabi Muhammad SAW yang juga merupakan pemimpin telah dituliskan dalam Alquran pada surat Al Ahzab ayat 21:

 “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

Mengingat kembali hal yang telah diajarkan guru mengaji sewaktu remaja, Rasulullah setidaknya memiliki empat sifat dasar yang dapat dijadikan panutan umat manusia. Shiddiq yang secara garis besar dapat diartikan sebagai benar. Dalam hal ini, tidak hanya perkataan Rasulullah yang selalu benar tapi begitu juga perbuatannya. Sifat lain yang dimiliki Rasulullah adalah Amanah yang dapat diartikan dapat dipercaya. Sebagaimana yang telah diriwayatkan, Rasulullah diberi gelar ‘Al – Amin’ yang artinya dapat dipercaya oleh penduduk Mekah sebelum beliau diangkat menjadi rasul. Hal tersebut dikarenakan beliau dapat melaksanakan semua perkara secara sungguh – sungguh dan bukan seorang pembohong.

Sifat lain yang dapat diteladani adalah Tabligh yang berarti menyampaikan. Rasulullah menyampaikan semua firman – firman Allah yang disampaikan kepada beliau kepada seluruh umat manusia tanpa ada informasi yang ditutup-tutupi walaupun hal tersebut merupakan teguran Allah kepada beliau. Sedangkan sifat terakhir adalah Fathonah yang berarti cerdas. Sebagai seorang pemimpin, Rasulullah dikenal sebagai pemimpin yang cerdas dalam mengatur strategi pemerintahan dan dalam bidang ekonomi yang dapat dilihat melalui kesuksesan beliau dalam berniaga. Tentu idealnya seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat mengikuti suri tauladan sifat Rasulullah tersebut.

Sebagai seorang pemimpin, ia juga harus memiliki sifat siddiq dalam berbicara dan berbuat, amanah dalam mengemban tampuk kepemimpinan bangsa, tabliqh dalam menyampaikan seluruh informasi tanpa menutupi informasi yang hanya mementingkan diri sendiri atau golonganya, dan yang terakhir harus juga fathonah dalam memimpin bangsa ini dalam menyusun strategi pembangunan bangsa.

Berbicara soal Indonesia, Ramadan juga membawa banyak peristiwa penting bagi bangsa. Bila diingat kembali, Fatahillah merebut Sunda Kelapa tanggal 22 Juni 1527 yang juga merupakan hari yang bertepatan dengan tanggal 22 Ramadan 933 H. Selain itu, proklamasi kemerdekaan Indonesia juga jatuh pada 9 Ramadan 1364 H. Bertepatan dengan bulan Ramadan, sejarah baru juga akan tercipta melalui pemilihan presiden Indonesia. Pemimpin baru akan terpilih, pemimpin bangsa yang diharapkan dapat membawa Indonesia yang lebih gemilang kedepannya.

Siapapun pemimpinnya, semoga pemimpin tersebut dapat mengikuti suri tauladan nabi Muhammad SAW. Sesungguhnya, doa kami selalu menyertaimu siapapun presiden kami ke depan. Walaupun kami jauh dari Tanah Air, kami berjanji akan terus ikut membantu dalam membangun Indonesia.

Oleh: Mochammad Auditya Brilliant*

*)Penulis merupakan Ketua PPI Glasgow 2013/2014 dan anggota PPI di Glasgow Caledonian University, Program Master of Risk Management

Sumber: http://ramadan.detik.com/read/2014/07/09/164356/2632633/1598/ramadan-dan-pilpres-di-glasgow-uk-untaian-doa-untuk-presiden-terpilih

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: