News

Kepedulian Mahasiswa Indonesia Di Birmingham

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Salah satu kegiatan di acara ini. (Courtesy of PPI MIB)

London (Antara News) – Pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di Inggris khususnya di Birmingham menunjukkan kepedulian terhadap pendidikan melalui program “Volunteering for Indonesia”.

Hal itu disampaikan Divisi Pengabdian Masyarakat Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Inggris, Krisna Puji Rahmayanti kepada Antara London, Rabu mengatakan kegiatan ini merupakan kampanye sosial yang bertujuan  meningkatkan kepedulian mahasiswa dan masyarakat Indonesia di negara itu.

Mereka  membuat alat peraga pemberantasan buta huruf, video testimoni dan program “1 Pound 1 Postcard”.

Selain meningkatkan kepedulian  mahasiswa asing terhadap peran kegiatan relawan di dalam pembangunan khususnya di bidang pendidikan di Indonesia.

Kolaborasi berbagai gerakan sosial hadir menyemarakkan acara  pembuatan alat peraga pemberantasan buta huruf, video testimoni dan “1 Pound 1 Postcard”. Selain  itu juga digelar penampilan budaya tari nandak dan kecak meramaikan  acara.

Acara tersebut dihadiri Atase Pendidikan KBRI London, Prof Fauzi Soelaiman, Presiden PPI UK, Faldo Maldini dan Ketua PPI MIB, Gilang Kembara serta Brian Lucas, manajer GSDRC yang memberi materi tentang peran dan peluang kegiatan relawan dan kemanusiaan di dalam pembangunan bagi generasi muda.

VfI 2014-1

Ketua PPI MIB, Gilang Kembara (kedua dari kiri), berfoto bersama Atase Pendidikan, Fauzi Soelaiman, pembicara, Brian Lucas, sera Ketua PPI UK, Faldo Maldini. (Courtesy of PPI MIB)

Kegiatan social (voluntary activities) yang terdiri atas pembuatan alat peraga pemberantasan buta huruf. Alat peraga pemberantasan buta huruf ini akan dikirimkan ke Papua dengan bekerja sama dengan KKN UGM.

Video testimoni, yaitu video singkat tentang proses mencapai cita-cita yang akan dibuat dalam bentuk film pendek dan disebarluaskan secara gratis kepada pihak yang membutuhkan. Selain itu peserta yang hadir mendapat kesempatan untuk berfoto dengan menggunakan busana adat Indonesia.

Program “1 Pound 1 Postcard”  gerakan sosial menulis pesan positif di kartu pos untuk anak-anak Sekolah Dasar di Indonesia dengan tujuan untuk menginspirasi generasi muda dalam mencapai cita-cita. Selain dalam kegiatan ini, kartu pos juga dikumpulkan melalui pos dan email.

Kartu pos yang terkumpul akan dikirimkan ke anak-anak Indonesia melalui mitra Partnership yang telah mengirimkan permohonan kepada Divisi Pengabdian Masyarakat PPI UK.

Saat ini mitra yang telah tersambung antara lain KKN UGM wilayah Papua, Sekolah Alam Bali dan mitra individu untuk disebarkan di wilayah Paser, Lampung dan Gorontalo.

Galeri foto: Volunteering for Indonesia

Editor: Laode Masrafi

Sumber: http://www.antarasultra.com/berita/272309/kepedulian-mahasiswa-indonesia-di-birmingham

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: