News

Pelajar Indonesia di Inggris Siap Mengabdi

Raker PPIUK 2013/2014

London (Antara) – Para pelajar Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Inggris menyelenggarakan rapat kerja tahunan  dengan visi “Inspirasi untuk Berkarya”  mengusung tema “Untuk Indonesia.”

Pengurus PPI Inggris Nadhira Ayuningtyas kepada Antara London, Selasa, mengatakan, rapat tahunan yang diikuti sekitar 100 peserta  meliputi pengurus PPI Inggris, ketua PPI Cabang se-Inggris serta perwakilan dari KBRI London dalam rangka  koordinasi awal kepengurusan 2013/2014 .

Rapat kerja ini berlangsung selama dua hari yang hari  pertama ditujukan untuk pengurus PPI Inggris dengan tujuan untuk memfinalisasi program kerja PPI Inggris 2013/2014 serta meningkatkan keakraban antar pengurus yang diadakan  di kantor KBRI, Grosvenor Square, London,  diawali dengan makan siang bersama.

Makan siang bersama ini memberi kesempatan pengurus untuk berkenalan satu sama lain yang sebagian besar bagi mereka bertemu untuk pertama kalinya, ujarnya.

Dengan menu makanan Indonesia yang disajikan, suasana di ruangan KBRI terasa lebih akrab diantar para pengurus, tidak hanya sebagai mitra dalam organisasi PPI Inggris tetapi sebagai sesama pelajar Indonesia yang hidup di luar negeri.

Acara dilanjutkan dengan presentasi dan finalisasi program kerja per divisi. Setelah aktivitas team-building, acara ditutup dengan malam keakraban.

Kegiatan utama dilaksanakan pada hari kedua digelar di  Universitas Imperial College London, selain  dihadiri  67 pengurus PPI Inggris, 30 ketua PPI Cabang se-Inggris, termasuk  wilayah paling utara negara itu, Aberdeen. Hadir Harry J. Randou (Deputy Chief of Mission) dan Atase Pendidikan KBRI London Prof Tubagus Ahmad Fauzi Soelaiman.

Acara diawali dengan   menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama, dilanjutkan dengan   mendiskusikan kegiatan setahun baik dari PPI Inggris, KBRI maupun PPI Cabang yang memaparkan rencana program-program kerja satu tahun ke depan.

Diskusi dan pemaparan diawali  oleh  Ketua dan wakil ketua PPI Inggris 2013/2014, Faldo Maldini dan Ray Zulham, setiap pengurus inti dan kepala divisi PPI Inggris berkesempatan untuk memberikan presentasi tentang program kerjanya yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari setiap program.

Faldo berharap rapat kerja ini menjadi pijakan awal yang baik untuk setiap aktivitas PPI se-Inggris selama satu tahun ke depan dan tahun  ini PPI Inggris membawa visi “Inspirasi untuk Berkarya” dengan mengusung tema Untuk Indonesia. Tema ini akan menyatukan seluruh program kerja yang akan dilaksanakan.

Tahun ini, PPI Inggris memiliki lima pilar utama yaitu, Sekretaris Jenderal, Keuangan, Komunikasi dan Informasi, Bidang Penalaran serta Bidang Minat dan Bakat. Kelima  pilar ini diharapkan dapat menciptakan organisasi yang dinamis dan solid, menjadi wadah untuk ide seluruh pelajar di Inggris serta memaksimalkan peran PPI  sebagai duta bangsa Indonesia.

Kegiatan terakhir dari rapat kerja ini adalah membagi tim-tim kecil untuk diskusi yang terdiri dari PPI se-Inggris per wilayah dan perwakilan pengurus PPI Inggris dari setiap divisi.

Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan mempermudah penyerapan aspirasi dari setiap PPI cabang yang menurut  Yoga Adhi Prabowo, ketua PPI Aberdeen, “Rapat kerja ini merupakan wadah yang sangat efektif untuk menyatukan aspirasi serta menyamakan visi misi PPI Inggris dan PPI cabang yang tersebar di seluruh penjuru negara tersebut”.

Editor: Musriadi

Galeri foto: Rapat Kerja PPIUK 2013/2014

Sumber: http://www.antarabengkulu.com/berita/22158/pelajar-indonesia-di-inggris-siap-mengabdi

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: