News

Mantan Ketua BEM UI Pimpin PPI United Kingdom

Pemilihan Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPI UK) kembali berlangsung pada Sabtu (23/11). Dari tiga orang calon, Faldo Maldini memperoleh suara terbanyak dan terpilih menjadi Ketua PPI UK periode 2013-2014 menggantikan Haikal Bekti Anggoro.

Pemilhan yang dilakukan pada Musyawarah Besar PPI UK di kampus Coventry University ini, dihadiri oleh perwakilan 31 cabang dari 32 cabang yang dimiliki PPI UK. Dengan jumlah mahasiswa Indonesia sekitar 1.600 orang, cabang-cabang PPI UK tersebar dari Belfast di Barat hingga Norwich di Timur, dan dari Aberdeen di Utara hingga Plymouth di Selatan.

Senior Director of International Region dari Coventry University Sarah Jepchott menyampaikan, “Sangat bangga bahwa hubungan Coventry University dan pelajar Indonesia semakin erat, terutama setelah menjadi tuan rumah Musyawarah Besar untuk terakhir kalinya”.

Ia juga berharap agar hubungan Coventry University dengan Indonesia kian erat. Hal ini mengingat sebentar lagi mereka akan membuka kantor perwakilan di Jakarta. Saat ini, terdapat sekitar 50 pelajar Indonesia yang sedang studi di Coventry University.

Acara ini sendiri dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia T.M. Hamzah Thayeb. Dalam penyampaiannya, Duta Besar menyatakan sangat bangga dengan kinerja dari PPI UK serta prestasi para pelajar Indonesia di UK. Duta Besar mengharapkan berbagai prestasi dapat dilanjutkan, dan dapat berkontribusi lebih untuk Indonesia.

Duta Besar hadir didampingi oleh Atase Pendidikan KBRI London Prof. T.A. Fauzi Soelaiman. Kepengurusan PPI UK 2012-2013 kemungkinan menjadi kepengurusan terakhir yang dapat ia dampingi setahun penuh, mengingat masa tugasnya akan berakhir pada sekitar pertengahan 2014. Kepengurusan 2012-2013 merupakan kepengurusan yang menurutnya sangat sibuk, tetapi dapat menghasilkan banyak sekali pencapaian positif. Prof. Fauzi yang salah satu tugas utamanya adalah mendampingi pelajar Indonesia di luar negeri juga mengharapkan kerja sama yang semakin erat antara KBRI dan PPI UK, untuk mencapai berbagai prestasi yang lebih besar lagi ke depannya.

Di acara Musyawarah Besar ini turut hadir tamu kehormatan, yaitu Prof. Din Syamsuddin, Ketua Umum PP Muhammadiyah. Prof. Din Syamsuddin menyempatkan diri untuk hadir setelah sebelumnya berada di acara Religions for Peace, di Austria, di mana beliau diangkat menjadi Co-President.

Pada penyampaiannya, Prof. Din Syamsuddin yang juga berpengalaman sebagai mahasiswa yang merantau saat di UCLA Amerika Serikat mengakui mengerti berbagai perjuangan para pelajar Indonesia di luar negeri. Ia pun bangga akan rasa cinta mahasiswa Indonesia yang merantau akan Indonesia, dan diwujudkan dengan berbagai kontribusi. “Tidak ada yang tahu, mungkin sekarang menjadi Presiden PPI, selanjutnya menjadi Presiden RI,” ujarnya.

Acara Musyawarah Besar ini diisi dengan penyampaian pertanggung jawaban PPI UK selama satu tahun ke belakang. Selain itu, juga diisi dengan peresmian PPI Cabang yang baru yaitu PPI Cabang Kota Hull, Cranfield, dan Edinburgh. Dan tentunya, di akhir acara diadakan pemilihan Ketua Umum PPI UK 2013-2014.

Para kandidat diberikan masing-masing 8 menit untuk berkampanye terakhir kalinya dan meyakinkan hati para voters yang hadir di Musyawarah Besar. Sebelumnya, para kandidat sudah berkampanye selama dua minggu melalui berbagai media. Ketiga Calon tersebut yakni Ray Zulham, Faldo Maldini dan Hafidz Surapranata. Voters sendiri merupakan perwakilan dari 31 cabang yang hadir, di mana setiap PPI Cabang yang berasal dari berbagai kota memiliki dua hak suara. Pertanyaan-pertanyaan pedas pun terlontar saat diadakan sesi tanya jawab, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai visi, misi, program kerja, serta kemampuan dari setiap kandidat.

Sekitar pukul 4 sore diadakanlah pemilihan Ketua PPI UK periode 2013-2014 yang dilakukan menggunakan sistem yang dimiliki oleh Coventry University. Faldo Maldini pun terpilih dengan mendapatkan suara terbanyak. Faldo sendiri mengusung visi untuk menjadikan pelajar-pelajar Indonesia yang tergabung di PPI UK menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat Indonesia di seluruh dunia. Dengan berprestasi positif, PPI UK diharapkan dapat mempengaruhi seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk ikut memajukan Indonesia.

Faldo Maldini memiliki track record sebagai Ketua BEM UI sebelum hadir di UK, beserta berbagai pengalaman berorganisasi. Setelah lulus dari UI, Faldo berangkat ke UK pada 2013 untuk berkuliah di salah satu universitas terbaik di dunia yaitu Imperial College London, mengambil Plastic Electronics untuk program Pasca Sarjana. Dalam pidato kemenangannya, Faldo Maldini berharap semua pelajar Indonesia di UK dapat bekerja sama agar dapat bersatu menginspirasi Indonesia agar menjadi lebih maju.

Haikal Bekti Anggoro, Ketua PPI UK 2012-2013 yang digantikan oleh Faldo, sangat berterima kasih kepada segenap kepengurusannya di PPI UK atas berbagai prestasi yang tercapai. Tidak lupa juga dukungan berbagai pihak terutama KBRI. Ia berharap, berbagai pengalaman PPI UK sebelumnya dapat dibawa ke depannya agar PPI UK dapat menjadi lebih baik.

Para pelajar yang hadir merasa sangat puas dengan penyelenggaraan Musyawarah Besar yang dipimpin oleh PPI Coventry. Sona Maesana, Ketua PPI Coventry, merasa sangat terhormat dapat kembali menjadi tuan rumah Musyawarah Besar dan berharap ketua terpilih dapat membawa PPI UK menjadi semakin maju.

Haikal Bekti Anggoro
25 Blades St, Lancaster, UK
+447761328951
haikalbektianggoro@ppiuk.org

Laporan dan Presentasi Pertanggungjawaban Pengurus PPIUK Periode 2012/2013 dapat diunduh di sini.

Galeri foto: PPIUK President Election for 2013-2014

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/komunitas/perhimpunan-pelajar-indonesia/13/11/26/mwvd8q-mantan-ketua-bem-ui-pimpin-ppi-united-kingdom

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: