News

Siswa SMA Labschool Jalin Kerjasama dengan GDST London

London, (Antara Sumbar) – Sebanyak 43 siswa dari SMA Jakata menjalin kerjasama dengan GDST Streatham Clapham London dalam rangkaian Edu Trip ke Inggris dan Eropa dari tanggal 18 Juni hingga 3 Juli mendatang yang merupakan tahun ke empat pelaksanaan dari Edu Trip SMA Labschool.

Guru SMA Labschool Jakarta, Nur Arifah Drajati kepada ANTARA London, Jumat, mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kecintaan terhadap tanah air, meningkatkan motivasi bagi siswa untuk memahami budaya antarbangsa serta mempersiapkan diri menuju tingkat pendidikan ke perguruan tinggi.

Dikatakannya ke-43 siswa didampingi tiga guru pendamping bersilaturahmi dengan Dubes RI untuk UK dan Irlandia T.M. Hamzah Thayeb dan Atase Pendidikan Prof. Dr. T.A Fauzi Soelaiman N serta PPI London yang diketuai Novian Herbowo.

Dalam diskusi selama dua jam tersebut, rombongan SMA Labschool Jakarta mendapatkan pengetahuan tentang kegiatan diplomatik di KBRI London, mempersiapkan pendidikan di perguruan tinggi serta informasi mengenai universitas di Eropa terutama di Inggris.

Menurut Nur Arifah Drajati, selama 16 hari tersebut, siswa mengikuti kegiatan homestay, mengunjungi universitas ternama di Inggris, beberapa diantaranya adalah Glasgow University, Edinburgh University dan Manchester University.

Dalam kesempatan ini juga, SMA Labschool Jakarta melanjutkan kerjasama kesepakatan MoU untuk tahap kedua dimana satu tahapannya adalah tiga tahun.

Program sister school ini diadakan dalam upaya mendidik siswa hidup damai berdampingan sesama manusia dari berbagai belahan bumi dengan menitikberatkan pada aspek budaya dan pendidikan.

Siswa-siswa SMA Labschool Jakarta mengikuti homestay bersama GDST Stretaham Clapham Senior High, London.

Beberapa kegiatan yang dilakukan bersama adalah sport day, diskusi, dan menampilkan budaya masing-masing negara. SMA Labschool Jakarta menampilkan penampilan musik angklung, menari tarian Tor-Tor, Kecak, Giring, Giring, serta Petik Cengkih.

Sedangkan GDST Streatham Clapham menampilkan opera karya besar William Shakespeare ”Midsummer Night”s Dream”.

Kegiatan sister school atau sekolah partner juga dirangkai dengan kegiatan sport day, dimana kegiatan ini dilaksanakan di GDST Streatham setiap tahun.

Tahun ini SMA Labschool Jakarta bergabung dalam kegiatan ini dengan mengikuti lomba lari estafet, lempar lembing, tolak peluru dan lomba persahabatan tarik tambang.

Untuk menambah pengetahuan dan pengalaman budaya, siswa-siswa SMA Labschool Jakarta menginap di rumah orang tua angkat dari sekolah partner yaitu GDST Streatham Clapham.

Kepala sekolah GDST Streatham Clapham, Dr. Millan Sachania menyampaikan rencananya untuk mengirim para siswa dan guru untuk melakukan kunjungan ke SMA Labschool Jakarta tahun ini. Semoga kegiatan ini mempererat hubungan antar kedua sekolah dan kedua negara dan bermanfaat bagi Indonesia. (*/wij)

Sumber: http://www.antarasumbar.com/berita/nasional/d/0/297233/siswa-sma-labschool-jalin-kerjasama-dengan-gdst-london.html

Catatan perjalanan para siswa selama mengikuti Edu Trip di London dapat dilihat di sini.

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: