News

Pertemuan Pimpinan UT dengan Para Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI

Selaras dengan adagium UT “Making higher Education Open to All”, salah satu misi utama UT adalah menyediakan akses dan pemerataan pendidikan tinggi bagi seluruh warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di luar negeri.

Namun, realisasi misi tersebut tidak mudah diwujudkan tanpa adanya jaringan dan dukungan kemitraan. Itulah sebabnya, UT memandang penting peristiwa Nota Kesepahaman dengan Kementerian Luar negeri yang berlangsung pada tanggal 7 Februari 2012.

Menindaklanjuti Nota Kesepahaman tersebut, komunikasi dengan Perwakilan RI kian diintensifkan. Salah satunya melalui pertemuan rutin tahunan dengan Para Atase Pendidikan RI, yang difasilitasi Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN), Kemdikbud, sebelum atau di sela-sela acara Rembuk Nasional. Pada pertemuan yang berlangsung pada Selasa, 12 Februari 2013 tersebut, hadir Dubes RI untuk UNESCO, 12 Atase Pendidikan (Port Moresby, Manila, Washington DC, Kuala Lumpur, Bangkok, Riyadh, Beijing, Paris, London, Den Haag, Tokyo, Kairo), Yun Widiati, SH, Kabag Fasilitasi Internasional PKLN, serta Rektor dan para pimpinan UT.

Dalam sambutannya, Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D menyampaikan terima kasih atas bantuan dan kerja sama serta penghargaan kepada Para Atdikbud dalam memfasilitasi WNI mengikuti kuliah di UT. Karakteristik setiap negara dan keadaan mahasiswa satu negara dengan Negara lain memang variatif. Karena itu, pengelolaan layanan belajar bagi mereka pun cukup kompleks.

Sementara itu, Atdikbud Riyadh, Dr. Lutfi Zuhdi, yang mewakili Para Atdikbud lainnya menyampaikan pengalaman dalam pengelolaan mahasiswa UT di Luar Negeri. Menurut beliau, penyelenggaraan UT di Riyadh sudah baik dan saat ini sudah ada mahasiswa yang mengikuti /melanjutkan program S2.

Acara pertemuan yang penuh kekerabatan ini diisi juga dengan paparan tentang Pedoman Pengelolaan Mahasiswa UT di Luar Negeri yang disampaikan oleh Pembantu Rektor IV, Dr. Mohamad Yunus, M.A. dan Kepala Pusat Jaminan Kualitas-UT, Ir. Kristanti Ambar Puspitasari, M.Ed, Ph. D. Dalam sesi diskusi, beberapa Atdik RI meminta secara khusus kepada Rektor untuk memberikan ceramah kepada mahasiswa UT di Malaysia dan sosialisasi UT kepada WNI di Papua New Guinea dan Filipina.

Sumber: http://www.ut.ac.id/berita/642-pertemuan-pimpinan-ut-dengan-para-atase-pendidikan-dan-kebudayaan-ri.html

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: