News

Taksi di Inggris Promosikan Wonderful Indonesia

Selasa, 13 November 2012

JAKARTA, KOMPAS.com — Ada banyak cara untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di luar negeri, mulai dari televisi, internet, papan iklan reklame, hingga kegiatan pameran atau festival.

Nah, kali ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berupaya mempromosikan pariwisata Indonesia di Kota London dengan kendaraan bergerak aktif, yaitu taksi khas Inggris atau dikenal dengan nama “black cab“.

Setidaknya ada sekitar 250 black cab ikut mempromosikan Wonderful Indonesia. Iklan promosi pariwisata Indonesia itu terlihat harmonis melekat di badan taksi yang cukup digemari wisatawan tersebut. Nampak tulisan “Pure Paradise” di bagian sisi depan taksi, kemudian logo Wonderful Indonesia di pintu depannya bersama alamat situs resmi pariwisata Indonesia, yaitu www.indonesia.travel, serta gambar orang berselancar di bagian pintu belakang taksi.

Taksi Inggris Promosi Wisata Indonesia (Foto: Kompas)

Upaya promosi ini digagas Kemenparekraf bersama KBRI London untuk menjaring wisatawan Inggris. Promosi itu juga bersamaan dengan digelarnya pameran pariwisata terbesar kedua di dunia, yaitu World Tourism Market 2012 (WTM 2012). Acara tersebut berlangsung di Gedung Excel London, Inggris, pada 5 hingga 8 November 2012.

Esthy Reko Astuty, Direktur Pencitraan Indonesia Kemenparekraf, mengatakan kepada Antara London bahwa promosi melalui media taksi dilakukan sebagai salah satu upaya penguatan citra Indonesia di pasar utama, khususnya di Inggris.

Cara ini sebenarnya merupakan yang kedua dilakukan di London dan diharapkan akan efektif untuk mengawali eksistensi peran Indonesia sebagai Official Partner Country ITB Berlin 2013.

Indonesia menargetkan sekitar 200.000 wisatawan asal Inggris berpelesir ke Nusantara.

Melekatkan promosi pariwisata melalui media black cab dinilai akan semakin membuat Indonesia dikenal dan dikunjungi wisatawan. Alasannya, black cab memiliki daya jelajah tinggi berkeliling Kota London sehingga dimungkinkan akan banyak dilihat oleh masyarakat.

Editor : I Made Asdhiana
Sumber : Kompas

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters