News

Kunjungan Presiden Yudhoyono ke Inggris perkuat kerja sama

Rabu, 17 Oktober 2012

Jakarta (ANTARA News) – Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Mark Canning, mengatakan bahwa kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Inggris untuk memenuhi undangan Ratu Elizabeth II menandai peningkatan jalinan kerja sama kedua negara.

“Kunjungan ini menandai peningkatan hubungan kedua negara yang penting,” katanya di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, hubungan Indonesia dan Inggris yang baik saat ini dapat terus ditingkatkan ke level yang lebih tinggi lagi. Berbagai kerja sama seperti pendidikan, perubahan iklim, ekonomi dan investasi dapat terus dtingkatkan.

Koordinasi yang baik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Inggris, David Cameron, bersama Presiden Liberia, Ellen Johnson Sirleaf, sebagai pimpinan dalam panel tingkat tinggi program pembangunan pasca 2015 yang ditunjuk oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga meningkatkan hubungan Indonesia dan Inggris.

Ia mengatakan, pemerintah Inggris mengapresiasi kemajuan yang terjadi di Indonesia. Reformasi yang bergulir di Indonesia sejak 1998 telah mampu mengubah Indonesia menjadi salah satu negara demokratis terbesar dengan mayoritas muslim.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga mampu mengubah perekonomian Indonesia dari sebelumnya mengalami krisis hebat di 1998 menjadi salah satu kekuatan ekonomi yang tergabung dalam G-20.

Sementara itu, Presiden Yudhoyono diagendakan berkunjung ke Inggris pada 31 Oktober hingga 2 November 2012. Dalam kunjungan tersebut, Presiden bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono akan menginap di Istana Buckingham.

Selain kunjungan kenegaraan, Presiden Yudhoyono juga direncanakan melakukan pertemuan bilateral serta bertemu dengan berbagai kalangan di Inggris. Hal ini merupakan kunjungan kenegaraan Presiden Indonesia ke Inggris pertama kalinya setelah 1979.

Pada April 2012, David Cameron melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia.
(T.M041/H-KWR)

Editor: Priyambodo RH

Sumber: ANTARA

http://www.antaranews.com/berita/339181/kunjungan-presiden-yudhoyono-ke-inggris-perkuat-kerja-sama

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters