News

Karya Seni Bengawan Solo Kerjasama Siswa SMP di Surakarta dan Inggris Warnai Mayor’s Thames Festival di London

World Art 2012

Karya seni yang terinspirasi oleh  sungai di masing-masing kota – Mayor’s Thames Festival di London (Sumber: http://www.kemlu.go.id)

5 September 2012

London (KBRI London) – Pada tanggal 4 September 2012 Duta Besar RI T.M. Hamzah Thayeb telah menghadiri Private view Program Rivers of the World exhibition yang akan menjadi salah satu pagelaran seni unggulan pada acara tahunan Mayor’s Thames Festival di London tanggal 8 – 9 September 2012 mendatang. Pada tahun ini, murid dari 36 sekolah di London melakukan partnership dengan sekolah-sekolah di luar negeri seperti dengan sekolah-sekolah di Buenos Aires (Argentina), Sylhet (Banglades), Surakarta (Indonesia), Seoul (Korea Selatan), Derry-Londonderry (Irlandia Utara), Co Donegal (Republik Irlandia) dan Dubai (Uni Emirat Arab).

Setiap sekolah yang berpartisipasi mengadakan workshop seni yang disampaikan oleh seniman dan pendidik seni lokal masing-masing negara. Para siswa dari sekolah-sekolah tersebut kemudian bekerja menciptakan karya seni yang terinspirasi oleh penelitian mereka atas sungai di masing-masing kota. Hasil karya dari workshop seni ini kemudian dipamerkan di masing-masing negara, dimana di Inggris dilaksanakan di London pada tanggal 8 – 9 September 2012.

Selama enam tahun terakhir, program ini telah menghubungkan 135 sekolah di seluruh dunia dengan tujuan agar kemitraan ini menjadi sesuatu yang produktif dan menjadi inspirasi dalam jangka panjang. Program ini kemudian memamerkan karya seni yang dibuat secara kolaboratif oleh siswa dan seniman dari seluruh dunia dengan sungai sebagai pokok inspirasi. Tahun ini salah satu mitra yang dipilih adalah siswa di 6 sekolah di Surakarta yang menjadikan Bengawan Solo sebagai bahan kajian dan inspirasi seni mereka. Ke-6 sekolah tersebut adalah:

  • SMP Muhammadiyah 7 Surakarta bermitra dengan siswa dari Etham Foundation School
  • SMP Kasatriyan 1 Surakarta bermitra dengan siswa dari Gladesmore Community School
  • SMP Negeri 9 Surakarta bermitra dengan siswa dari Hampstead School
  • SMP Negeri 1 Surakarta bermitra dengan siswa dari Hendon School
  • SMP Negeri 4 Surakarta bermitra dengan siswa dari Sedgehill School
  • SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta bermitra dengan siswa dari Wallington School for Girls

Program ini berlangsung dengan dukungan Connecting Classroom Program dari British Council dan Global Education Program dari HSBC yang melibatkan lebih dari 2.000 anak muda dari seluruh dunia setiap tahunnya.

Sumber: KBRI London

http://www.kemlu.go.id/london/Pages/Embassies.aspx?IDP=242&l=id

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: