News

Sajian Gudeg dalam Halal Bi Halal Warga Indonesia di London

Selasa, 28 Agustus 2012

London – Rasa rindu akan gudeg Yogjakarta lengkap dengan ayam dan telur serta krecek terobati dengan adanya sajian khusus yang tersedia dalam acara temu masyarakat dalam rangkaian acara halal bi halal dan peringatan HUT RI ke 67 yang digelar di Wisma Nusantara, akhir pekan lalu.

Acara yang dihadiri sekitar 2000 masyarakat Indonesia yang datang dari berbagai daerah di Inggris seperti dari Sunderland, Manchester, Bristol dan Wales menjadi ajang silaturahmi seluruh masyarakat yang berada di Kerajaan Inggris.

Seperti tahun tahun sebelumnya acara yang lebih dikenal dengan pesta rakyat selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat dari berbagai kalangan setelah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, selain dalam rangkaian perayaan Hari Kemerdekaan RI.

“Open House yang digelar KBRI London bagus sekali, sajian menu gudeg dan krecek, lontong cap gomeh dan satenya enak, kue-kue Lebaran juga es telernya betul-betul rasa asli Indonesia,” ujar Lenny Adziman yang datang bersama suami dan anak anak dari Swansea, Wales.

Perjalanan selama lima jam dari kota tempat sang suami menuntut ilmu ke Wisma Nusantara di London tidak menyuruti, Lenny untuk hadir dalam acara temu masyarakat Indonesia.

Hiburan musik kolaborasi dan bintang tamu yang hadir membuat serasa ada di Indonesia, puas dan senang bisa ada di sana. Enam tahun tinggal di luar negeri, ini “open house”, paling berkesan, obat kangen tanah air, ujar ibu dua anak yang  teringat akan masa kecilnya.

“Perjalanan dari Swansea sampai ke Victoria station kurang lebih 5 jam , Alhamdulillah lancar,” ujar istri  M Fauzan Adziman.

Tidak saja Lenny dan keluarga yang datang dari jauh untuk hadir dalam acara temu masyarakat juga Yanti dari Palembang yang tengah menuntut ilmu di Sunderland, perbatasan dengan Skotlandia.

Yanti bersama sang suami dan ketiga anak harus menginap di Wisma Indonesia untuk bisa hadir dalam acara yang juga digelar panggung gembira dan bazaar makanan.

Menyenangkan bisa berkumpul dengan sesama orang Indonesia, ujar Yanti kandidat Phd Tourism, Hospitality & Events (THE), University of Sunderland di Sunderland selain juga dapat mencicipi makanan Indonesia dan menjalin silaturahmi.

Tidak saja makanan Indonesia yang tersaji tetapi juga panggung hiburan yang menampilkan penyanyi Dewi Gita dan Mario Kahitna yang dapat mengobati rasa rindu masyarakat Indonesia yang tinggal di Kerajaan Inggris akan hiburan.

Apalagi Lagu dangdut yang dilantumkan istri Armand Maulana itu berhasil mengajak pengunjung temu masyarakat yang diadakan dalam rangka Halal Bi Halal dan peringatan HUT RI ke 67 itu berjoget bersama.

Bahkan Tuti Musbeth yang bekerja sebagai (5/8)domestic worker”, di London tidak sungkan-sungkan naik ke atas pangung berjoget bersama vokalis Kahitna, Mario yang melantunkan lagu dangdut.

“Saya senang bisa menghibur masyarakat Indonesia yang ada di London,” ujar Mario kepada ANTARA London usai tampil menghibur dengan berbagai lagu pop dan dangdut.

Begitupun Dewi Gita yang mengakui senang bisa menyambangi masyarakat Indonesia yang ada di Inggris dan memenuhi permintaan untuk melantunkan lagu dangdut.

“Saya sebenarnya bukan penyanyi dangdut,” ujar ibu dari Naja Dewi Maulana lagi menambahkan sebagai penyanyi ia harus bisa menghibur masyarakat.

Diakuinya, lagu dangdut bisa mempersatukan rakyat Indonesia dari berbagai kalangan, meskipun ada juga yang tidak suka.

Dalam acara temu masyarakat yang dihadiri sekitar 2.000 masyarakat Indonesia dari berbagai daerah di Inggris sejak pukul 10 pagi sudah berbondong-bondong mendatangi  Wisma Nusantara yang berada di Bishop Grove, Bishop Avenue di daerah East Finsley.

Dengan berkendaraan pribadi, bus dan kereta api bawah tanah, masyarakat Indonesia disambut Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia T.M Hamzah Thayeb  dan Ny Lastry Thayeb beserta DCM Harry R.J Kandou dan istri yang ingin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri.

Nangka Kaleng dan Krecek Impor
“Ayo silahkan mencicipi kue Leabaran dan makanan yang sudah disediakan,” ujar Ny Lastry Thayeb kepada seluruh tamu yang datang.

Dikatakannya kali ini ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan KBRI London menghidangkan gudeg Yogya selain juga ada lontong sayur dan sate ayam serta es teler.

Menurut Ny Lastry,  untuk membuat hidangan gudeg komplit dengan ayam dan terus serta krecek yang khusus dikirim dari Jakarta untuk 2000 orang dibutuhkan nangka kaleng sebanyak 49 box   yang berisi 24 kaleng.

“Susah juga mencari nangka segar,” ujar ibu tiga putra yang sudah berangkat dewasa, menambahkan bahwa adanya nangka yang ada dalam kaleng yang kualitasnya juga tidak beda dengan nangka segar.

Selain itu juga dibutuhkan sebanyak 100 ekor ayam dan 1.000 butir telur serta 126 boks tahu yang berisi 16 bungkus dan 35 kg krecek yang khusus dibawa dari Jakarta serta 17 box santan yang berisi 24 kaleng.

Juru masak Wisma Nusantara juga menyediakan sebanyak 4.800 tusuk sate ayam, serta berbagai macam kue seperti kaastengel dan kue nastar serta 15 boks kue lapir yang juga dikirim dari Jakarta dan kue kembang goyang.

Makanan yang disajikan tidak saja masakan dari dapur Wisma Nusantara tetapi juga dari Wisma DCM yang menyiapkan 1000 lontong dan sayur godog dan opor ayam dari kaum ibu anggota Dharma Wanita.

“Alhamdullilah kalau semua senang dengan masakan Wisma,” ujar Ny Lastry Thayeb yang sudah sering tugas di luar mengikuti sang suami.

Diakuinya hal ini tidak lepas dari izinNya sehingga semua acara berlangsung dengan baik dan lancar dan terutama makanan yang disiapkan yang memang diakuinya hidangan Gudeg memang hidangan yang khusus selain masaknya juga tidak mudah juga special.

Sumber : ANTARA / http://www.sehatnews.com

http://www.sehatnews.com/2012/08/28/sajian-gudeg-dalam-halal-bi-halal-orang-indonesia-di-london/
http://www.sehatnews.com/2012/08/28/sajian-gudeg-dalam-halal-bi-halal-orang-indonesia-di-london-2/
http://www.sehatnews.com/2012/08/28/sajian-gudeg-dalam-halal-bi-halal-orang-indonesia-di-london-3/

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: