News

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia Di London

Jumat, 17 Agustus 2012

Duta Besar RI London T.M. Hamzah Thayeb selaku pembina upacara

Duta Besar RI di London T.M. Hamzah Thayeb bertindak selaku pembina upacara

KBRI London – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke- 67 Kemerdekaan RI telah diselenggarakan di London pada hari Jumat, 17 Agustus 2012. Upacara tersebut diselenggarakan oleh KBRI London, dengan Atase Pertahanan KBRI London, Kol. Nurchahyanto Subandi sebagai pemimpin upacara dan Duta Besar RI London T.M. Hamzah Thayeb sebagai pembina upacara. Upacara dihadiri oleh para pejabat dan staf KBRI London, perwakilan BUMN di London, warga masyarakat dan mahasiswa Indonesia di London.

Pada Upacara tersebut, pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh 11 orang anggota Paskibra KBRI London yang terdiri dari putra-putri masyarakat Indonesia di London yang telah dilatih, dibimbing dan dibina selama 2 bulan serta telah dikukuhkan secara resmi sebagai anggota paskibra KBRI London pada tanggal 14 Agustus 2012 lalu.

Dubes RI T.M. Hamzah Thayeb pada kesempatan penyampaian amanat upacara menyampaikan bahwa keberhasilan dan perubahan positif yang telah dicapai oleh bangsa Indonesia perlu tetap dipertahankan dan dikembangkan. Sementara persoalan-persoalan yang masih tertunda perlu ditangani dengan kerja keras secara serius. Semua ini merupakan tanggung jawab bersama, termasuk warga negara Indonesia yang berada di luar negeri, khususnya yang ada di Inggris dan Irlandia. Lebih lanjut Dubes Hamzah Thayeb menekankan bahwa sebagai warga negara Indonesia, harus senantiasa memberikan peran yang dapat dilakukan dan disumbangankan untuk memenuhi tanggung jawab tersebut. Masing-masing individu dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara dengan keahlian, latar belakang ilmu dan kemampuan yang dimiliki dengan dilandasi oleh semangat dari dalam diri masing-masing.

Menyinggung mengenai hubungan bilateral Indonesia dan Inggris, Dubes Hamzah Thayeb menyampaikan secara singkat perkembangan hubungan bilateral Indonesia-Inggris. Disampaikan bahwa tahun ini merupakan tahun yang amat bersejarah dalam hubungan bilateral Indonesia-Inggris, yang ditandai dengan kunjungan Perdana Menteri David Cameron ke Indonesia pada bulan April lalu. Pada kunjungan tersebut telah dihasilkan sejumlah kesepakatan yang akan semakin mendorong dan meningkatkan hubungan kedua negara di berbagai bidang.

Upaya peningkatan hubungan ini bahkan telah ditindaklanjuti dengan kunjungan beberapa pejabat Indonesia ke London dan sebaliknya. Terkait hal ini, Dubes Hamzah Thayeb menyampaikan harapannya kepada keluarga besar Indonesia yang berdiam di Inggris, untuk mendukung dan meningkatkan kerjasama untuk ikut membantu meningkatkan hubungan bilateral dalam bidang dan kemampuan masing-masing.

Upacara pengibaran bendera yang berlangsung di Wisma Nusantara tersebut berjalan lancar dan khidmat. Upacara tersebut merupakan salah satu dari serangkaian acara-acara yang diselenggarakan oleh KBRI London untuk merayakan HUT ke-67 Kemerdekaan RI. Sebelumnya, telah diselenggarakan sejumlah lomba bakat dan kompetisi olahraga antara lain lomba karaoke dan gaple, kompetisi futsal, tenis meja, badminton dan sebagainya, yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Inggris.

Ke depannya, sekaligus juga untuk merayakan Idul Fitri 1433 H, KBRI London juga akan menyelenggarakan acara halal-bihalal dan temu masyarakat pada tanggal 25 Agustus 2012 yang akan menghadirkan sejumlah artis dari Tanah Air serta beberapa bakat lokal dari masyarakat Indonesia di Inggris. Sebagaimana tahun lalu, acara tersebut diperkirakan akan menarik sekitar 3.000 orang masyarakat Indonesia dari seluruh Inggris dan juga Irlandia, termasuk juga tetamu dari warga Inggris sendiri.

Kemeriahan berbagai acara tersebut telah menjadi sebuah ajang silaturahmi bagi masyarakat Indonesia di Inggris yang tinggal di berbagai daerah. Kesempatan ini digunakan juga untuk melepas rindu dengan sanak saudara, serta merasakan kembali cita rasa asli makanan Indonesia melalui bazaar produk dan makanan Indonesia yang akan diadakan pada kesempatan itu.

Acara tersebut merupaka salah satu puncak kegiatan peringatan HUT ke-67 RI di London, selain upacara Pengibaran Bendera yang baru saja dilaksanakan dan acara Resepsi Diplomatik yang akan diselenggarakan pada awal bulan September mendatang.

Sumber: Berita Perwakilan Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia

http://www.kemlu.go.id/london/Pages/Embassies.aspx?IDP=237&l=id

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters