News

Berbuka Puasa Bersama Dubes di London

Senin, 23 Juli 2012

London, Wartakotalive.com

Sekitar 200 Muslim Indonesia berbuka bersama Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Hamzah Thayeb beserta Ny Lastry Thayeb di Wisma Nusantara Bishop Grove, Bishop Avenue, Minggu (22/7/2012) malam.

Acara buka puasa diawali dengan ceramah yang disampaikan oleh Ustaz Salim A Fillah dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang membahas masalah puasa dalam membangun takwa melalui ibadah.

Umat Islam di Inggris menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan lebih lama ketimbang di Tanah Air sejak imsak pukul 03.00 dini hari hingga waktu berbuka pada pukul 21.00 malam waktu setempat.

Duta Besar Hamzah Thayeb mengakui penyelenggaraan buka puasa bersama di Wisma Nusantara sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia di London, meskipun waktu berbuka lebih lama.

Ia mengakui selalu mengikuti kegiatan rutin Ramadhan di Wisma Duta, meskipun dirinya baru lima bulan menjabat, apalagi tradisi buka puasa di Wisma Nusantara selalu diadakan setiap tahun.

“Bagi saya yang lebih penting adalah adanya kebersamaan,” ujar Dubes.

Apalagi, kebersamaan dalam acara buka puasa kali ini bukan hanya masyarakat di London, tetapi juga ada delegasi dari komite olahraga Indonesia dan delegasi pemerintah daerah dan juga mahasiswa dan pelajar di Inggris.

Bahkan, kebersamaan juga terlihat dengan kehadiran masyarakat Kristiani setempat.

Koordinator Pengajian Masyarakat Indonesia London dan sekitarnya T.A Fauzi Soelaiman mengatakan acara buka puasa dan program Ramadhan selama sebulan selanjutnya akan dilakukan di KBRI London.

Dalam ceramahnya, ustaz Salim A. Fillah dari Yogyakarta membahas mengenai puasa yang dalam surat Al Baqarah ayat 183 menyebutkan bahwa puasa diwajibkan bagi orang yang beriman sebagaimana diwajibkan atas orang sebelumnya agar bertakwa.

Biasanya, ceramah dilakukan sesudah berbuka, namun kali ini di musim panas justru diawali dengan ceramah yang dimulai pukul 19.00 malam dan dilanjutkan saat berbuka sekitar pukul 21.00 malam dan dilanjutkan Shalat Maghrib berjamaah.

Hidangan berbuka berupa bubur ketan hitam dengan sebutir kurma dan segelas teh manis dihidangkan sebelum Shalat Maghrib berjamaah.

Acara buka puasa yang diadakan setiap minggu itu akan diadakan untuk berikutnya di KBRI London di Grosvenor Square London mulai pukul 18.30 sore diawali dengan ceramah dan tanya jawab. (ant)

Sumber : ANTARA
http://www.wartakotalive.com/detil/berita/91675/Berbuka-Puasa-Bersama-Dubes-di-London

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters