News

PPI UK Galang Program Donasi Buku

Kamis, 5 Juli 2012

Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPI-UK) melancarkan program kerja Donasi Buku Untuk Indonesia sebagai bentuk kepedulian pelajar Indonesia di Britania Raya untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Sekretaris Jenderal PPIUK, R. Rizky PH kepada ANTARA London, Rabu menyebutkan pelajar Indonesia yang ada di Kerajaan Inggris bekerja sama mengumpulkan buku baru maupun buku bekas untuk disumbangkan ke Indonesia.

Dikatakannya adapun jenis buku yang akan dikumpulkan antara lain buku yang sesuai untuk anak-anak tingkat SD, SMP dan SMA berupa buku pelajaran, ensiklopedi, novel, sampai buku cerita bergambar. Bagi yang tidak memiliki buku tetapi ingin membantu, donasi berupa uang atau voucher toko buku pun diterima.

Ketua Program Donasi Buku Untuk Indonesia 2012, Beatrice Hendra mengatakan dana yang terkumpul akan digunakan untuk membeli buku-buku bekas layak pakai yang murah. Dikatakannya program ini disosialisasikan tidak hanya untuk masyarakat Indonesia di Britania Raya, tapi juga ke masyatakat lokal setempat.

Mengenai kelanjutan buku ini setelah dikirim ke Indonesia, PPI UK telah menjalin kerjasama dengan Indonesia Mengajar dan Yayasan Arsari Djojohadikusumo yang telah bersedia untuk menerima dan menyalurkan buku-buku dari Inggris tersebut ke pelosok Indonesia.

Direktur Eksekutif Indonesia Mengajar Hikmat Hardono, mengatakan adanya berbagai pihak yang memilih untuk turun tangan, semakin meningkatkan optimisme terhadap masa depan pendidikan di Indonesia.

Selain itu, hadirnya buku ke hadapan mereka, semakin meningkatkan minat baca, serta membuka lebar jendela pengetahuan anak-anak di berbagai pelosok, ujarnya.

Pengurus Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Ibu Yuliani T. A. menyambut baik Program Donasi Buku Untuk Indonesia tersebut, karena buku memang sangat dibutuhkan oleh para siswa dan masyarakat umum di Indonesia terutama di daerah-daerah di luar Jakarta. ”Kebetulan program-program kerja mereka sendiri memang berhubungan dengan meningkatkan pendidikan di daerah terpencil di Indonesia jadi ini mereka akan dengan senang hati membantu,” timpal Beatrice Hendra.

Menurut pengarah program buku donasi buku , Fauzan Adziman, salah satu keunggulan program ini dibandingkan program donasi buku lainnya di Indonesia adalah buku yang dikumpulkan sebagian besar berbahasa Inggris.

“Kami berharap program ini bisa meningkatkan kemampuan anak-anak berbahasa asing, berhubung sulit sekali menemukan buku berbahasa Inggris di Indonesia, kalau adapun mahal,” ujar Fauzan Adziman.

Program yang publikasinya telah dimulai sejak 25 Mei lalu akan ditutup bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia dan direncanakan sampai di tanah air pertengahan bulan November.

PPI UK berharap usaha yang dilakukan dapat bermanfaat bagi seluruh pelajar di Indonesia untuk dapat terus meningkatkan kualitas diri melalui pendidikan.

Menurut Wakil Presiden (Eksternal) PPIUK, Ardhilla Parama Arta, kontribusi terhadap kemajuan pendidikan dapat dilakukan dimana saja, tidak terbatas oleh jarak dan waktu. Dengan demikian, PPIUK sebagai wadah pelajar Indonesia di Inggris Raya, dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya bagi pelajar yang berada di pedalaman.(antr/and)

Sumber : HANURA

http://hanura.com/ppi-uk-galang-program-donasi-buku-untuk-indonesia.html

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters