News

Dubes dan Atdik menghadiri Wisuda di Cambridge

Minggu, 1 Juli 2012

LONDON—Dubes RI di Inggris Raya dan Irlandia, TM Hamzah Thayeb, menghadiri prosesi wisuda atau congregation salah satu mahasiswa terbaik Indonesia, Anthony Khong, di University of Cambridge, Cambridge, Inggris.

Sekretaris Pertama KBRI London Heni Hamida mengatakan Anthony Khong meraih First Class Honours dan penghargaan PriceWaterhouseCoopers mendapatkan gelar Bachelor of Arts dari Program Studi Ekonomi Sidney Sussex College, University of Cambridge.

Dia mengatakan Dubes Hamzah Thayeb memenuhi janji yang pernah diucapkannya di depan pengurus dan anggota Persatuan Pelajar Indonesia di Inggris (PPI UK) untuk hadir di setiap wisuda mahasiswa Indonesia di Inggris.

Acara wisuda Anthony Khong berlangsung di Senate House, University of Cambridge, di samping salah satu college yang ikonik di Cambridge, King’s College.

University of Cambridge yang pernah dinobatkan sebagai universitas terbaik di dunia oleh QS Ranking di 2011 aitu dalah universitas tertua kedua di Inggris setelah University of Oxford.

Upacara wisuda yang dilakukan University of Cambridge sangat unik. Para wisudawan dalam kelompok tiga atau empat orang maju, lalu satu per satu berlutut di depan the Master of Sidney Sussex College, Prof. Andrew Wallace-Hadrill.

Para wisudawan kemudian diberikan selamat dengan jabat tangan yang unik; kedua tangan wisudawan diapit dengan tangan Master dan diberikan doa.

Prosesi untuk Sidney Sussex College ini berlangsung sekitar 40 menit, dan kemudian digantikan dengan proses wisuda dari college lain. Terdapat 31 college di University of Cambridge sehingga acara wisuda berlangsung selama tiga hari.

Hadir dalam wisuda Anthony Khong, kedua orang tua Anthony, Bapak dan Ibu Hendra Kusumo Khong, teman dekat Anthony, Grace serta Atase Pendidikan London, T.A. Fauzi Soelaiman.

Senior tutor Anthony Khong, Massimo M. Berber, mengharapkan Anthony untuk meneruskan melakukan riset dan mengambil MPhil untuk satu tahun ke depan.

Setelah prosesi wisuda, para wisudawan dan tamu berbincang dan berfoto di luar Senate House dan kemudian mengikuti acara ramah-tamah di Sidney Sussex College. Acara yang bernuansa kekeluargaan ini dihadiri beberapa tutorcollege, para wisudawan, para orang tua wisudawan dan para tamu.

Dubes menjelaskan keinginannya menghadiri setiap wisuda mahasiswa Indonesia di Inggris bila waktunya memungkinkan, terutama bagi yang tidak dihadiri orang tuanya.

Hal ini disampaikan karena saat dirinya diwisuda tidak dihadiri kedua orang tuanya yang tengah bertugas di luar negeri, untuk itu dia ingin selalu berusaha menghadiri wisuda mahasiswa Indonesia terutama yang tidak didampingi orang tua.

Secera terpisah Ketua PPI Cambridge, Kevin Surya Wijaya mengatakan bahwa saat ini baru ada dua mahasiswa S1, 10 mahasiswa S2 dan empat mahasiswa S3 di University of Cambridge.

Mahasiswa Indonesia, katanya, mengalami kesulitan untuk masuk Universitas di Cambridge karena persyaratan nilai IELTS yang tinggi (7,0), jadwal pendaftaran yang terlalu cepat, dan ketakutan calon mahasiswa untuk masuk ke universitas terbaik ini.

Untuk itu diperlukan usaha yang sungguh sungguh untuk dapat memasarkan University of Cambridge ke Indonesia. (Antara/fsi/mts)

Sumber : BISNIS INDONESIA

http://www.bisnis-kti.com/index.php/2012/07/university-of-cambridge-mahasiswa-terbaik-ri-diwisuda/

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters