News

Kunjungan Mendikbud

Rabu, 30 Mei 2012

Mendikbud Prof Mohammad Nuh dan Menteri Universitas dan Pengetahuan Inggris David Willets MP tandatangani memorandum saling pengertian (MoU) di bidang Pendidikan di London (28/5). Penandatanganan MoU tersebut merupakan tindak lanjut konkrit dari pertemuan Presiden Yudhoyono dan PM Inggris saat kunjungan kerja PM Cameron ke Indonesia bulan April lalu.

“Globalisasi pendidikan merupakan sebuah diplomasi budaya yang mendorong saling pengertian dan saling menghormati antar bangsa,” tutur Mendikbud yang melawat ke Inggris, 27-30 Mei 2012.
Melalui MoU Pendidikan serta pertemuan reguler Pokja Pendidikan Indonesia-Inggris, ia berharap akan terbentuk multi-network yang menghubungkan institusi pendidikan di kedua negara untuk memfasilitasi mobilitas sumber daya yang lebih baik.
Ia juga berharap, melalui berbagai kerjasama yang akan terbentuk, pendidikan dan mobilitas pengetahuan akan tidak mengenal jarak, batas negara maupun tidak terbatas oleh waktu.
Sementara itu Selanjutnya, Menteri David Willets menyampaikan apresiasi dan akan segera menindaklanjuti Joint Communique bidang Pendidikan yang juga ditandatangani di Jakarta bulan April 2012.
“Hal ini menunjukkan kehendak kuat dari kedua belah pihak untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama di bidang pendidikan yang akan saling menguntungkan. Pemerintah Inggris juga dikatakan berkomitmen untuk membantu Indonesia dalam peningkatan kapasitas pendidikannya,” tegasnya.
Sebelum penandatangan MoU tersebut, delegasi RI yang terdiri dari pejabat Kemdikbud dan 10 orang rektor universitas negeri Indonesia telah mengadakan pertemuan kelompok kerja bersama (joint working group – JWG) dengan delegasi Inggris yang terdiri dari 28 orang perwakilan pejabat Department of Business, Innovation and Skills, asosiasi perguruan tinggi Inggris Universities UK, lembaga akreditasi serta perwakilan dari berbagai universitas di Inggris.
Pertemuan JWG tersebut telah menjadi sarana pembangun jejaring serta telah menghasilkan sejumlah rencana aksi konkret yang diharapkan dapat semakin meningkatkan hubungan dan kerjasama pendidikan antara Inggris dan Indonesia.
Beberapa hal yang didiskusikan dalam kesempatan tersebut adalah mengenai format kemitraan, peningkatan kapasitas serta fasilitasi mobilitas mahasiswa dan ilmuwan.
Selain penandatanganan MoU tersebut, agenda lainnya dalam kunjungan Mendikbud adalah penandatanganan letter of intent antara Kemdikbud dengan University of Exeter pada 29 Mei 2012 untuk membuka program bahasa Indonesia, serta kunjungan ke School of Oriental and African Studies dan University of Oxford untuk membuka kemungkinan kerjasama pendidikan.
Mendikbud juga telah melakukan pertemuan ramah-tamah dan diskusi yang hangat dengan lebih dari seratus pelajar, mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Inggris yang dilaksanakan di KBRI London bersama dengan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. (sumber: KBRI London/Yo2k)
Sumber : Kementerian Luar Negeri, Republik Indonesia (http://www.kemlu.go.id/Pages/News.aspx?IDP=5630&l=id)
Rekaman acara dialog di KBRI (Courtesy of Herdayanto Sulistyo Putro):



Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters