News

PPI UK Terinspirasi Perjuangan Budi Utomo

Minggu, 20 Mei 2012

LONDON–MICOM: Perjuangan Budi Utomo bagi kemerdekaan kaum intelektual Indonesia menjadi inspirasi pelajar di Inggris dalam mengelar temu ilmiah pelajar internasional (TIMI) atau “Indonesian Scholar International Convention (ISIC)” pada bulan November mendatang.

Tanggal 20 Mei 1908 yang menjadi tonggak awal sejarah kebangkitan organisasi Budi Utomo sebagai ajang kebangkitan intelektual anak bangsa, ujar Sekretaris Jenderal PPIUK , R. Rizky PH di London, Minggu (20/5).

Dikatakannya pada saat itu, organisasi bernama Budi Utomo dilahirkan sebagai organisasi bersifat sosial, ekonomi dan kebudayaan. Pada saat berdirinya, Budi Utomo tidak disenangi penjajah karena selalu mengeluarkan kritikan-kritikan dalam bentuk tulisan kepada penjajah, ujarnya .

Sementara itu Ketua TIMI/ ISIC Steven mengatakan perjuangan Budi Utomo itu pulalah yang mendorong diadakannya acara ISIC.

Dikatakannya acara ini ditujukan untuk membangkitkan semangat perjuangan anak bangsa melalui pemikiran yang dituangkan dalam tulisan bertema “Green Economy for Sustainable Development in Indonesia: Challenges and Opportunities from Multidisciplinary Approach”.

Menurut Steven, acara ini mendapat sambutan yang sangat baik dari masyakat Indonesia di seluruh dunia, ditandai dengan diterimanya sekitar 238 abstrak tulisan yang ditutup per tanggal 15 Mei lalu oleh Panitia.

“Panitia hanya memilih 25 paper terbaik yang sesuai dengan tema, memiliki ide orisinilitas tinggi, dan mengusung semangat pembaruan dalam green energy demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia” lanjut Steven.

Acara yang turut mengundang Keynote Speaker Candidates yaitu Ibu Sri Mulyani, Managing Director Bank Dunia, dan Lord Alan Sugar, Pengusaha Inggris terkemuka dan pemeran utama serial TV “The Apprentice,” dapat dipastikan menjadi acara terbesar PPIUK di tahun ini.

Lebih lanjut, Acara ini juga telah mendapat sertifikat dari United Nation Environment Programme yaitu World Environment Day, yang menambah gengsi acara. (Ant/X-13)

Sumber : MEDIA INDONESIA

http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/20/320797/293/14/Pelajar-Indonesia-di-Inggris-Terinspirasi-Perjuangan-Budi-Utomo

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters