News

KBRI Gelar Gong Festival

Rabu, 16 Mei 2012

LONDON, KOMPAS.com–KBRI London mengelar rangkaian kegiatan Gong Festival 2012  yang merupakan promosi terpadu “Trade, Tourism, Investment and Education” (TTIE) dengan pertunjukan seni budaya berupa tari tarian  serta temu bisnis.

Gong festival juga diisi dengan workshop dan pelatihan  gamelan dan wayang,  pameran dan  pemutaran film berlangsung dari tanggal 12 hingga  19 Mei mendatang bertempat di Gateshead, Newcastle, Inggris, ujar Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI London, Heni Hamidah, Selasa.

Dikatakannya sebagai puncak acara Gong Festival 2012 digelar acara Celebrate Indonesia,  pembukaan secara resmi program GONG Festival 2012 dan dilanjutkan Indonesian Business Conference and Exibition diadakan di  Baltic Square, Gateshead dan dibuka secara resmi wakil walikota  Gateshead, Malcon Brain dan Dubes Hamzah Thayeb.

Acara pembukaan Gong Festival dihadiri sekitar 200 undangan yang terdiri atas pejabat pemerintah Gateshead dan Newcastle, dari UKTI, akademisi  University of Newcastle dan Northumbria University, seniman, media massa dan masyarakat setempat.

Wakil wali Kota Gateshead Malcon Brain menyambut kunjungan Dubes Hamzah Thayeb dan berterima kasih atas hubungan baik yang terjalin dengan KBRI London serta menyampaikan harapan agar hubungan antara daerah Northeast dengan Indonesia  semakin dekat.

Sementara Duta Besar Hamzah Thayeb dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga kota Gateshead dan Newcastle karena telah menerima Indonesia di tengah-tengah mereka selama dua tahun terakhir ini.

Heni Hamidah mengatakan Gong festival selain  memperkenalkan Indonesia, kegiatan ini sekaligus memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dengan Inggris yang terbina sejak lama dan semakin berkembang sejak kunjungan PM David Cameron ke Indonesia bulan lalu.

Pada upacara pembukaan tersebut ditandai dengan penekan tombol yang mengangkat jembatan Millennium yang menghubungkan kota Gateshead dengan Newcastle oleh Dubes Hamzah Thayeb dan Ny Lasty Thayeb dan dimeriahkan dengan berbagai tari-tarian dan pentas kebudayaan Indonesia antara lain musik gamelan yang dibawakan kelompok Siswa Sukra dari London serta kelompok gamelan Durham.

Selain itu kelompok gamelan Chopwell dan tarian yang dibawakan Sanggar Tari Lila Bhawa, tari Saman serta musik angklung oleh siswa-siswi Westgate Hill Primary School, Newcastle dan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam  PPI Newcastle turut memeriahkan Gong Festival.

Acara Celebrate Indonesia tersebut juga semakin meriah dan menarik perhatian dengan adanya pameran produk makanan dan  barang-barang seni budaya Indonesia, ujarnya.

Momentum ini juga digunakan KBRI London untuk melakukan pelayanan kekonsuleran bagi warga Indonesia yang berdomisili di daerah  Gateshead , Newcastle dan sekitarnya.

Sumber : ANT
Editor : Jodhi Yudono
Sumber : KOMPAS

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters