News

PPI UK terinspirasi semangat Ki Hadjar Dewantara

Rabu, 2 Mei 2012

London (ANTARA News) – Para pelajar Indonesia yang terhimpun dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) UK terinspirasi dengan semangat Ki Hadjar Dewantara, “Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.”

Kutipan Ki Hadjar Dewantara menjadi bekal bagi PPI UK yang akan mengelar Temu Ilmiah Pelajar International/Indonesian Scholar International Convention (ISIC) yang akan dilaksanakan November mendatang di London, Inggris, , ujar Sekretaris Jenderal PPI UK, R. Rizky PH kepada ANTARA London, Rabu.

Dikatakannya setidaknya kutipan tersebut memberikan pedoman kepada kita bagaimana bersama-sama membangun bangsa ini dengan sumbangsih para cendikiawan Indonesia yang mendunia dalam Konvensi Masa Depan Bangsa di London.

Ketua Temu Ilmiah Pelajar International/Indonesian Scholar International Convention (ISIC) Steven Marcelino, menggambarkan Ki Hadjar Dewantara sebagai bapak pendidikan Indonesia menunjukan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar di kemudian hari melalui pendidikan.

Menurut Steven Marcelino, Ki Hadjar Dewantara dilahirkan pada tanggal 2 Mei 1889 dari keluarga ningrat, memberikan ide dan inspirasi kepada bangsa Indonesia pada zamannya dalam bentuk tulisan yang menimbulkan semangat nasionalisme melawan penjajahan Belanda.

Lebih jauh Steven mengingatkan pernyataan bapak pendidikan itu selaras dengan perkembangan aspek cipta, rasa dan karsa, sehingga apabila dilakukan secara “sustainable” menjadikan manusia utuh dikemudian hari.

Untuk itu salah satu program kerja Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPIUK) yaitu Temu Ilmiah Pelajar International/Indonesian Scholar International Convention (ISIC) yang diadakan tanggal 9-11 November mendatang di London, Inggris.

Steven Marcelino menggunakan momentum Hari Pendidikan Nasional dengan mengundang para intelektual muda Indonesia untuk mengirimkan ide pemikiran/gagasan secara tertulis dengan tema “Green Economy for Sustainable Development in Indonesia: Challenges and Opportunities from Multidisciplinary Approach”.

Acara bergengsi ini turut mengundang Keynote Speaker Candidates yaitu Ibu Sri Mulyani “Managing Director Bank Dunia dan Lord Alan Sugar pengusaha Inggris terkemuka dan pemeran utama serial TV “The Apprentice”.

Untuk itu panitia menunggu abstrak tulisan diterima paling lambat tanggal 15 Mei mendatang. Selanjutnya 25 Penulis terbaik akan diundang dan penulis terbaik akan mendapatkan penghargaan internasional bergengsi.

Hadiah bukanlah keistimewaan yang diterima bagi pemenang, panitia akan menyodorkan hasil tulisan pemenang acara ini kepada pemerintah sebagai masukan dalam melakukan pembangunan.

Penutupan acara ini akan diisi dengan acara kebudayaan Indonesia terbesar di UK dengan menampilkan Pasar Indonesia, pameran fotografi, kegiatan kesenian dan penampilan beberapa artis Indonesia yang akan memeriahkan pemberian penghargaan kepada Peserta ISIC terpilih.

Konsep acara ini lebih jauh dibuat untuk menggali potensi kaum intelektual Indonesia turut serta membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Acara yang akan menginspirasi dan motivasi bagaimana membangun Indonesia yang berkelanjutan, karena Indonesia tidak hanya dibangun untuk kita tapi untuk anak cucu kita kelak, demikian Steven Marcelino.

Dikatakannya untuk informasi lebih lanjut mengenai acara ini dapat mengunjungi website: http://www.ISIC-TIIMI.co.uk. (ZG)

Editor: B Kunto Wibisono

Sumber : ANTARA

http://www.antaranews.com/berita/308673/ppi-uk-terinspirasi-dengan-semangat-ki-hadjar-dewantara

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters