News

Inggris Perkuat Kerja Sama Pendidikan dengan Indonesia

Berawalnya kerjasama pendidikan antara Indonesia dan Inggris

Menteri Universitas dan Sains Inggris, David Willet MP, dan Menteri Pendidikan, Muhammad Nuh, dalam acara penandatanganan kerjasama pendidikan yang disaksikan oleh Perdana Menteri Inggris, David Cameron, dan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. (Sumber: Antara)

 

Komitmen ini sekaligus memperbaharui kesepakatan antara kedua negara yang ditandatangani tahun 2005 lalu.

Melalui lawatan Perdana Menteri David Cameron, Inggris tak hanya ingin meningkatkan kerja sama di bidang politik dan perdagangan. Lebih jauh lagi, Inggris juga ingin memperkuat kerja sama di bidang pendidikan dengan Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan David Willetts.

Saat Cameron menyampaikan pidato di Universitas Al-Azhar pagi ini, Willetts mengunjungi SD 02 Cideng, Jakarta Pusat, untuk melihat program Premier Skills dan International Inspirations.

“Kami ingin mempererat persahabatan antara Inggris dan Indonesia. Dan, saya sempat berdiskusi dengan Menteri Pendidikan Indonesia karena kami ingin kerja sama yang lebih erat dalam bidang pendidikan di antara kedua negara. Saya bisa umumkan hari ini peningkatan kemitraan antara Inggris dan Indonesia di bidang pendidikan,” kata Willetts, hari ini.

Peningkatan kerja sama antara kedua negara terjadi antara lain dengan program kerja sama antara universitas terkemuka Inggris dan Universitas top di Indonesia. Komitmen ini sekaligus memperbaharui kesepakatan antara kedua negara yang ditandatangani tahun 2005 lalu.

Selain kerja sama di pendidikan formal, pemerintah Inggris juga meluncurkan inisiatif untuk pendidikan non-formal khususnya untuk anak-anak yang kurang beruntung dengan program Premier Skills. Pada program ini, manajemen Premier League Inggris memberi pelatihan pada pekerja sosial dan mengajak anak-anak yang kurang beruntung untuk berlatih futsal.

Dalam rangka Olimpiade 2012 di London, pemerintah Inggris juga meluncurkan inisiatif International Inspirations untuk mempererat persahabatan antar negara lewat olahraga.

“Kami sangat gembira menyambut Olimpiade 2012 di London dan kami percaya kami bisa memakai kekuatan olahraga untuk mempererat hubungan antar budaya, khususnya untuk generasi muda. Lewat International Inspirations, kami mencoba menggunakan kelebihan kami sebagai tuan rumah Olimpiade , bukan hanya untuk meninggalkan warisan tentang komitmen dan keterlibatan olahraga di Inggris, tapi juga di seluruh dunia. Itulah yang kami janjikan pada IOC,” papar Willetts.

Lebih lanjut Willetts juga menekankan pentingnya penguasaan Bahasa Inggris sebagai akses menuju partisipasi aktif di tingkat dunia.

“Bahasa Inggris sangat penting untuk partisipasi aktif Indonesia di ekonomi dunia, karena bisa menyediakan akses pada pengetahuan, skill, dan kesempatan kerja yang dibutuhkan oleh generasi muda,” Willets melanjutkan.

Pemerintah Inggris, melalui British Council, menyelenggarakan pelatihan Bahasa Inggris untuk guru-guru sekolah dan saat ini sudah puluhan ribu guru yang mendapatkan kesempatan untuk ikut pelatihan tersebut.

Sumber: http://www.beritasatu.com/asia/42166-inggris-perkuat-kerja-sama-pendidikan-dengan-indonesia.html

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters

%d bloggers like this: