News

PPI di Inggris Promosikan Pariwisata Indonesia

Jumat, 9 Maret 2012

LONDON, KOMPAS.com – Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Lancaster Inggris  mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia dalam acara “Lancaster Goes Global” dengan mengundang seluruh mahasiswa maupun masyarakat kota itu. “Lancaster Goes Global” diadakan di Great Hall milik Lancaster University juga dihadiri mahasiswa dari berbagai negara,” ujar Ketua PPI Lancaster, Haikal Bekti Anggoro kepada Antara London, Jumat (9/3/2012).

Luar biasa rasanya bisa mewakili Indonesia di sini dan mempromosikan keindahan Indonesia.
— Haikal Bekti Anggoro

Haikal memaparkan, di tengah-tengah kesibukan kuliah, mahasiswa dan pelajar Indonesia di Lancaster University meluangkan waktu untuk mempromosikan Tanah Air tercinta di negaranya Ratu Elizabeth II.

Selain acara “Lancaster Goes Global”, PPI Lancaster juga mengelar berbagai acara lainnya dalam rangka mempromosikan Indonesia di kalangan mahasiswa dan masyarakat di Kota Lancaster. Sebelumnya digelar “Indonesian Film Festival” yang menayangkan berbagai film terbaik Indonesia, seperti Naga Bonar, Tjoet Njak Dhien, Laskar Pelangi dan King.

Nick, pelajar asal Kota Sheffield, datang untuk menyaksikan Laskar Pelangi. “Sangat bagus,” ungkapnya.

Selain itu PPI Lancaster mengikuti “Fylde Goes Global”, sebuah acara dari asrama Fylde untuk mengenalkan kebudayaan-kebudayaan dari mahasiswa internasional.

Pada acara ini, PPI Lancaster mengajak seluruh pengunjung untuk bergoyang bersama tari poco-poco. Selain itu, PPI Lancaster juga menyediakan makanan tradisional Indonesia seperti klepon, lumpia dan otak-otak. Berbagai penampilan juga ditunjukkan seperti Tari Perut asal Timur Tengah, Tari India, syair-syair asal Bulgaria dan lain-lainnya.

PPI Lancaster menampilkan Tari Saman asal Gayo, Aceh yang mendapat respon luar biasa. Selain Tari Saman, PPI Lancaster mengadakan lomba makan kerupuk yang diikuti pengunjung.

Di stan Indonesian Society terdapat display langsung membuat batik. Batik sudah sangat terkenal di dunia internasional. Salah satunya oleh Louise Downing yang sudah mengenal batik sebelumnya saat diajarkan di kelas kesenian di SMA.

Ia mengaku sangat terkejut bisa menemukan display batik di acara ini. Selain batik, juga terdapat berbagai brosur dan buku untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di Lancaster dan juga mengajak bermain congklak kepada seluruh pengunjung stan.

Haikal Bekti Anggoro mengaku sangat puas dengan rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan. “Luar biasa rasanya bisa mewakili Indonesia di sini dan mempromosikan keindahan Indonesia di hadapan pengunjung dari berbagai negara,” ujarnya.

Sumber :
Antara
Editor :
I Made Asdhiana

Sumber : KOMPAS

http://travel.kompas.com/read/2012/03/09/15481725/PPI.di.Inggris.Promosikan.Pariwisata.Indonesia

Discussion

Comments are closed.

Books (Free)

“Indonesia Goes to School”

Past Events Posters